Pengaruh Pemahaman Guru tentang Pasal 19 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak terhadap Cara Guru Menegakkan Kedisiplinan di SDN 256 Inpres Sangpolo Kecamatan Kurra Kabupaten Tana Toraja

Tanduklangi', Rinaldus (2014) Pengaruh Pemahaman Guru tentang Pasal 19 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak terhadap Cara Guru Menegakkan Kedisiplinan di SDN 256 Inpres Sangpolo Kecamatan Kurra Kabupaten Tana Toraja. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
rinaldus_hd.pdf

Download (250kB)
[img] Text
rinaldus_kp.pdf

Download (606kB)
[img] Text
rinaldus_bab_1.pdf

Download (181kB)
[img] Text
rinaldus_bab_2.pdf

Download (619kB)
[img] Text
rinaldus_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text
rinaldus_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (653kB) | Request a copy
[img] Text
rinaldus_bab_5.pdf

Download (19kB)
[img] Text
rinaldus_dp.pdf

Download (60kB)
[img] Text
rinaldus_lp.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rinaklus Tanduklangi, Nirm 20092924 dengan Sub Judul Skripsi : “Pengaruh Pasal 19 UU No.23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak Terhadap Cara Guru Menegakkan Kedisiplinan Di SDN 256 Inpres Sangpolo”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana “pengaruh pasal 19 UU No.23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak terhadap cara guru menegakkan kedisiplinan di SDN 256 Inpres Sangpolo di bawah bimbingan bapak Dr. Maidiantius Tanyid, M.Th dan Bapak Drs. Natanael Sesa, M.Si. Penulis mengkaji topik ini karena penulis memahami bahwa kedisiplinan merupakan hal yang mendasar yang harus ditanamkan pada peserta didik. Melalui penegakan disiplin peserta didik akan dibentuk menjadi pribadi yang bertanggung jawab. Pendidikan disiplin bagi anak merupakan lanjutan dari proses belajar mengajar yang dinyatakan dalam penghayatan sikap dan perilaku. Guru dalam menegakkan kedisiplinan memahami bahwa pemberian ilmu disiplin bagi peserta didik hanya dapat ditegakkan dengan pemberian sanksi yakni hukuman. Sementara itu, dalam menegakkan kedisiplinan, guru mengalami ketakutan karena adanya UU No.23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan angket. Objek penelitian adalah Guru SDN 256 Inpres Sangpolo. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang sangat kuat antara pasal 19 UU No.23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak terhadap cara guru menegakkan kedisiplinan di SDN 256 Inpres Sangpolo. Pengaruh tersebut menjadikan guru ketakutan dalam menegakkan kedisiplinan dengan pemberian hukuman karena seringkali mendapat perlindungan hukum. Akibatnya penegakan kedisiplinan di sekolah oleh guru terancam kabur dan sama sekali tidak dilakukan.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 23 Jan 2025 09:33
Last Modified: 23 Jan 2025 09:33
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4128

Actions (login required)

View Item View Item