Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Kristen Pada Siswa Kelas V di SDN 101 Makale 4

Tasik, Yuliana (2014) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Kristen Pada Siswa Kelas V di SDN 101 Makale 4. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.

[img] Text
yuliana_hd.pdf

Download (440kB)
[img] Text
yuliana_kp.pdf

Download (515kB)
[img] Text
yuliana_bab_1.pdf

Download (470kB)
[img] Text
yuliana_bab_2.pdf

Download (715kB)
[img] Text
yuliana_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
yuliana_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (634kB) | Request a copy
[img] Text
yuliana_bab_5.pdf

Download (199kB)
[img] Text
yuliana_dp.doc

Download (24kB)
[img] Text
yuliana_lp.pdf

Download (1MB)
[img] Text
yuliana_cv.pdf

Download (273kB)

Abstract

YULIANA TASIK, 2014 menyusun skripsi dengan judul Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Kristen Pada Siswa Kelas V di SDN 101 Makale 4. Judul ini dipilih secara umum model pembelajaran cooperative learning mengajak siswa bekerjasama dalam kelompok-kelompok untuk secara bersama-sama memecahkan masalah demi mencapai tujuan pembelajaran secara maksimal. Penggunaan model pembelajaran cooperative learning membantu siswa menemukan konsep belajar dan mampu mengolah konsep itu secara bersama-sama menjadi sebuah pengalaman belajar yang bermakna dan hasilnya mampu meningkatkan prestasi belajar siswa secara maksimal. Hipotesis yang diajukan oleh penulis dalam penelitian ini adalah bilamana diterapkan penggunaan model pembelajaran cooperative learning maka diduga terjadi akan peningkatan prestasi pada siswa kelas V SDN 101 Makale 4 Persamaan regresi dari variabel X terhadap variabel Y menunjukkan bahwa Model pembelajaran cooperative learning mengalami kenaikan yaitu sebesar 0,220 kali dengan asumsi variabel indipenden lainnya tetap jika seandainya Model pembelajaran cooperative learning nilainya 0. Hal ini menunjukkan bahwa yang mempengaruhi Prestasi Belajar PAK di SDN 101 Makale 4 karena adanya Model pembelajaran cooperative learning secara signifikan. Berdasarkan data yang diperoleh dari penelitian ini, maka ada beberapa saran yang penulis paparkan yang perlu diperhatikan, baik orangtua maupun pelayan penggembalaan yaitu: Pertama, hendaklah setiap guru dapat mengembangkan pembelajaran kooperatif yang lebih baik untuk membentuk siswa ke arah yang lebih baik dan berhasil khusunya dalam belajar PAK. Kedua, Pembinaan yang sering dilakukan mesti juga menyentuh kehidupan guru, khususnya pembelajaran kooperatif yang dikembangkan guru Kristen. Ketiga, Peneliti menyarankan bahwa hasil studi ini dapat memberi arah bagi siapapun yang akan mengembangkan pengajaran PAK. Keempat, penelitian melihat perlunya studi serupa dikembangkan untuk melihat ada tidaknya kemungkinan yang sama dan perbaikan-perbaikan di kesempatan lain dalam rangka pengembangan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 22 Jan 2025 20:00
Last Modified: 22 Jan 2025 20:00
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4110

Actions (login required)

View Item View Item