Efektivitas Layanan Bimbingan Klasikal dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas XI di SMAN 6 Tana Toraja

Lembang, Hera Bunga (2020) Efektivitas Layanan Bimbingan Klasikal dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas XI di SMAN 6 Tana Toraja. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
hera_skpp.pdf

Download (108kB)
[img] Text
hera_kp.doc

Download (65kB)
[img] Text
hera_bab_1.pdf

Download (119kB)
[img] Text
hera_bab_2.pdf

Download (296kB)
[img] Text
hera_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB) | Request a copy
[img] Text
hera_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text
hera_bab_5.pdf

Download (8kB)
[img] Text
hera_dp.pdf

Download (549kB)
[img] Text
hera_cv.pdf

Download (33kB)
[img] Text
hera_pcc.pdf

Download (61kB)

Abstract

Hera Bunga Lembang (2220175629) menyusun Skripsi dengan judul: “Efektivitas Layanan Bimbingan Klasikal dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas XI di SMAN 6 Tana Toraja”. Penulisan skrispi ini di bawah bimbingan bapak Dr. Yonatan Sumarto, M.Th sebagai pembimbing I dan ibu Yanni Paembonan, M.Pd.K sebagai pembimbing II. Kedisiplinan merupakan bentuk ketaatan terhadap peraturan dan tata tertib yang berlaku berdasarkan motivasi dan kesadaran yang muncul dari dalam hati. Melalui observasi dan wawancara awal di SMAN 6 Tana Toraja ditemukan bahwa masih terdapat siswa yang melanggar kedisiplinan dalam bentuk alpa dan bolos sekolah. Layanan bimbingan klasikal adalah layanan dasar dalam bimbingan dan konseling yang berupa pemberian informasi dalam bentuk bimbingan serta bersifat pencegahan, pemahaman, pemeliharaan dan pengembangan. Penelitian dengan judul “Efektivitas Layanan Bimbingan Klasikal dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas XI di SMAN 6 Tana Toraja”, memiliki rumusan masalah bagaimana efektivitas layanan bimbingan klasikal dalam meningkatkan kedisiplinan siswa kelas XI di SMAN 6 Tana Toraja? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan klasikal dalam meningkatkan kedisiplinan siswa kelas XI di SMAN 6 Tana Toraja. Penelitian ini adalah jenis penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun sumber data dari penelitian ini diperoleh dari Kepala Sekolah, 2 guru bimbingan dan konseling dan 5 siswa kelas XI di SMAN 6 Tana Toraja yang pernah melanggar kedisiplinan dan pernah mengikuti bimbingan klasikal. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa layanan bimbingan klasikal sudah efektif dalam meningkatkan kedisiplinan siswa kelas XI di SMAN 6 Tana Toraja namun belum maksimal bagi siswa yang memiliki masalah kedisiplinan yang parah atau terjadi secara berulang-ulang. Sehingga siswa yang bersangkutan masih tetap membutuhkan layanan bimbingan dan konseling secara individu oleh guru BK dan juga didukung oleh peringatan dari kepala sekolah sebagai tindakan kuratif dalam meningkatkan kedisiplinannya. Kata kunci: efektivitas, layanan bimbingan klasikal, kedisiplinan siswa, SMAN 6 Tana Toraja.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 20 Jan 2025 08:21
Last Modified: 20 Jan 2025 08:21
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4096

Actions (login required)

View Item View Item