Rua', Ribka (2024) Pengaruh Metode Gamifikasi terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Kelas VB UPT SD Negeri 5 Mengkendek. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
![]() |
Text
ribka_skpp.pdf Download (73kB) |
![]() |
Text
ribka_hd.pdf Download (267kB) |
![]() |
Text
ribka_kp.pdf Download (365kB) |
![]() |
Text
ribka_bab_1.pdf Download (410kB) |
![]() |
Text
ribka_bab_2.pdf Download (517kB) |
![]() |
Text
ribka_bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (567kB) | Request a copy |
![]() |
Text
ribka_bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (547kB) | Request a copy |
![]() |
Text
ribka_bab_5.pdf Download (331kB) |
![]() |
Text
ribka_dp.pdf Download (386kB) |
![]() |
Text
ribka_lp.pdf Download (350kB) |
![]() |
Text
ribka_cv.pdf Download (257kB) |
Abstract
Ribka Rua’, 2024, Menyusun skripsi dengan judul Pengaruh Metode Gamifikasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Kelas VB UPT SD Negeri 5 Mengkendek. Pada penelitian ini Masalahnya adalah kurangnya motivasi belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di kelas VB di UPT SD Negeri 05 Mengkendek. Motivasi belajar adalah daya penggerak yang munculnya dari dalam diri seseorang sehingga menyebabkan dorongan serta keinginan untuk belajar. Metode gamifikasi adalah metode pembelajaran yang menerapkan elemen-elemen game dalam pembelajaran. Maka penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh metode gamifikasi terhadap motivasi belajar siswa di kelas VB UPT SD Negeri 05 Mengkendek. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif eksperimen melalui pengumpulan data saat responden mengisi angket kemudian dianalisis dengan menggunkana uji normalitas dan uji linearitas. Dari hasil penelitian tidak terdapat pengaruh metode gamifikasi terhadap motivasi belajar siswa di kelas VB UPT SD Negeri 05 Mengkendek. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil perhitungan melalui Uji regresi linear sederhana bahwa terdapat nilai signifikansi 0,600 lebih besar dari 0,05. Sehingga disimpulkan bahwa metode gamifikasi tidak memiliki pengarauh signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Kata Kunci : Metode, Gamifikasi, motivasi Belajar ABSTRACT Ribka Rua’, 2024, Compiling a thesis entitled The Influence of Gamification Methods on Student Learning Motivation in Christian Religious Education Learning in Class VB UPT SD Negeri 5 Mengkendek. In this study, the problem is the lack of student learning motivation in Christian Religious Education learning in class VB at UPT SD Negeri 05 Mengkendek. Learning motivation is a driving force that arises from within a person, causing the drive and desire to learn. The gamification method is a learning method that applies game elements in learning. So this study aims to find the effect of the gamification method on student learning motivation in class VB UPT SD Negeri 05 Mengkendek. This study was conducted using a quantitative experimental method through data collection when respondents filled out questionnaires and then analyzed using normality tests and linearity tests. From the results of the study, there was no effect of the gamification method on student learning motivation in class VB UPT SD Negeri 05 Mengkendek. This is proven based on the results of calculations through a simple linear regression test that there is a significance value of 0.600 greater than 0.05. So it is concluded that the gamification method does not have a significant effect on student learning motivation. Keywords: Gamification, Method, learning Motivation.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 17:10 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 17:10 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3964 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |