Pemali: suatu Tinjauan Teologis-Praktis tentang Pemali dan Implikasinya terhadap Orang Percaya

Barung, Ratna Elisabeth (2006) Pemali: suatu Tinjauan Teologis-Praktis tentang Pemali dan Implikasinya terhadap Orang Percaya. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
ratna_hd.docx

Download (62kB)
[img] Text
ratna_kp.docx

Download (15kB)
[img] Text
ratna_bab_1.docx

Download (14kB)
[img] Text
ratna_bab_2.docx

Download (44kB)
[img] Text
ratna_bab_3.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB) | Request a copy
[img] Text
ratna_bab_4.docx
Restricted to Repository staff only

Download (23kB) | Request a copy
[img] Text
ratna_bab_5.docx

Download (9kB)
[img] Text
ratna_dp.docx

Download (8kB)
[img] Text
ratna_lp.docx

Download (12kB)
[img] Text
ratna_cv.pdf

Download (299kB)

Abstract

“RATNA ELISABET BARUNG" tahun 2006 menyusun skripsi dengan judul “PEMALI" dengan sub judul "Tinjauan Teologis-Praktis Tentang Pemali dan Implikasinya Bagi Orang Percaya”. Penelitian ini bertujuan mengemukakan pemahaman Aluk Todolo dan orang Kristen tentang pemali dalam kehidupan mereka. Para responden adalah para pendeta, tokoh-tokoh adat (tominaa), Majelis Gereja dan warga gereja. Hasil penelitian membuktikan bahwa di Jemaat Kalimbuang pada umumnya berpendapat bahwa pemali merupakan suatu larangan atau perintah yang tidak boleh dilanggar karena sanksinya dapat langsung dirasakan oleh masyarakat, oleh karena menurut mereka pemali mengandung nilai-nilai yang baik yang dapat menuntun seseorang kearah yang lebih baik. Dari hasil penelitian ini diharapkan agar warga Jemaat Kalimbuang dapat memahami pemali itu dalam kerangka mendidik dan mengarahkan manusia ke kehidupan yang syalom sesuai dengan nilai- nilai iman Kristen dengan bersikap selektif.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BR Christianity
Depositing User: mahasiswa mahasiswa
Date Deposited: 20 Mar 2024 20:13
Last Modified: 26 Jul 2024 06:24
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/311

Actions (login required)

View Item View Item