Implementasi Keterampilan Mengadakan Variasi Stimulus Pola Interaksi dalam Meningkatkan Keaktifan pada Pembelajaran PAK Kelas VIII C di SMP Negeri 4 Mengkendek

Ravika, Ravika (2023) Implementasi Keterampilan Mengadakan Variasi Stimulus Pola Interaksi dalam Meningkatkan Keaktifan pada Pembelajaran PAK Kelas VIII C di SMP Negeri 4 Mengkendek. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
ravika_similarity.pdf

Download (183kB)
[img] Text
ravika_kata_pengantar_bab_1.pdf

Download (731kB)
[img] Text
ravika_bab_2.pdf

Download (854kB)
[img] Text
ravika_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
ravika_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (646kB) | Request a copy
[img] Text
ravika_bab_5.pdf

Download (417kB)
[img] Text
ravika_daftar_pustaka.pdf

Download (453kB)

Abstract

Pembelajaran PAK mempunyai peran yang sangat penting bagi siswa. Pembelajaran PAK diharapkan akan mampu membentuk karakter siswa yang baik. Di kelas VIII SMP Negeri 4 Mengkendek selama ini motivasi siswa untuk belajar PAK masih rendah. Salah satu yang menjadi penyebab rendahnya motivasi siswa untuk belajar siswa pada pembelajaran PAK adalah variasi guru dalam pembelajaran masih kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1). Untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Mengkendek. 2). Untuk mengetahui keterampilan guru dalam mengadakan variasi stimulus khususnya pola interaksi dalam pembelajaran PAK. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi, tes dan tindakan penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Mengkendek. Data motivasi diambil dengan menggunakan observasi. Tes digunakan untuk mengambil data hasil belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Dapat disimpulkan bahwa, motivasi belajar PAK siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Mengkendek pada prasiklus menunjukkan pada tingkatan yang rendah yang ditunjukkan dengan siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran dan motivasi siswa yang kurang sebelum mengadakan variasi pola interaksi. Setelah dilaksanakan PTK yang mengadakan variasi pola intekasi motivasi siswa mulai ada peningkatan disetiap siklus pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa mengadakan variasi pola interaksi dapat membuat siswa antusias dalam pembelajaran PAK kelas VIII SMP Negeri 4 Mengkendek. Kata Kunci: Keterampilan Mengajar, Pembelajaran PAK, Pola Interaksi, dan Keaktifan.

Item Type: Thesis (Scholar)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Mengajar, Pembelajaran PAK, Pola Interaksi, dan Keaktifan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: mahasiswa mahasiswa
Date Deposited: 23 Aug 2023 11:48
Last Modified: 30 Jul 2024 08:32
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/292

Actions (login required)

View Item View Item