Analisis Edukatif tentang Pendekatan PAK Berbagi Praksis dalam Kacamata Thomas H. Groome bagi Upaya Meminimalisir Dampak Kasus Bunuh Diri

Lomo, Oktaviana Pala (2021) Analisis Edukatif tentang Pendekatan PAK Berbagi Praksis dalam Kacamata Thomas H. Groome bagi Upaya Meminimalisir Dampak Kasus Bunuh Diri. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
oktaviana_skpp.doc

Download (30kB)
[img] Text
oktaviana_hd.doc

Download (185kB)
[img] Text
oktaviana_kp.doc

Download (58kB)
[img] Text
oktaviana_bab_1.doc

Download (85kB)
[img] Text
oktaviana_bab_2.doc

Download (229kB)
[img] Text
oktaviana_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (37kB) | Request a copy
[img] Text
oktaviana_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (86kB) | Request a copy
[img] Text
oktaviana_bab_5.doc

Download (27kB)
[img] Text
oktaviana_dp.doc

Download (30kB)
[img] Text
oktaviana_lp.doc

Download (80kB)
[img] Text
oktaviana_cv.doc

Download (6kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Edukatif Tentang Efektivitas Pendekatan PAK Berbagi Praksis Dalam Kacamata Thomas H. Groome Bagi Upaya Meminimalisir Dampak Kasus Bunuh Diri Di Tana Toraja”, dengan melihat realitas yang teijadi dalam kurun masa pandemi covid-19 khususnya di daerah Kurra marak teijadi tindakan bunuh diri yang cukup memprihatinkan bagi penulis. Penelitian ini berdasarkan teori pendekatan PAK berbagi praksis dari Thomas H. Groome, yang menekankan konteks pendidikan Agama Kristen teijadi dalam komunitas iman Kristen yang di dalamnya terdapat kegiatan saling berbagi dan aktif berdialog berdasarkan pada perspektif iman Kristen ke arah yang hidup, dengan komponen yaitu tindakan masa kini, refleksi kritis, dialog, cerita, dan visi. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan maksud untuk mempelajari teori melalui kajian pustaka untuk memperoleh pemahaman secara mendalam terhadap masalah dengan jenis metode deskriptif yang menggambarkan secara sistematis fakta-fakta berdasarkan data yang diperoleh. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan PAK berbagi praksis dalam upaya meminimalisir dampak kasus bunuh diri di Tana Toraja dalam realisasinya belum maksimal sehingga memicu maraknya tindakan bunuh diri. Melalui ini gereja dalam memberikan pendidikan perlu memperhatikan pola pengajarannya serta sigap dalam menghadapi masalah sosial. Sebagai orang tua harus membangun dialog yang efektif di dalam keluarga, remaja dalam masa pertumbuhan perlu memiliki sikap yang terbuka baik kepada orang tua dalam keluarga maupun kepada pendeta di gereja atau kepada orang terdekat yang terpercaya. Lembaga pendidikan secara umum dalam melihat kondisi atau masalah sosial yang berpengaruh pada bidang pendidikan harus memberikan sosialisasi bagaimana menghadapi tekanan dalam masa pendidikan dan mengadakan kegiatan-kegiatan produktif bagi anak-anak sekolah. Kepada IAKN Toraja perlu mempersiapkan calon para pendidik sebagai pelayan Tuhan yang memiliki kemampuan untuk menolong para peserta didik menghadapi berbagai masalah. Kata kunci: pendekatan berbagi praksis, bunuh diri

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 10 Oct 2024 08:50
Last Modified: 10 Oct 2024 08:50
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/2625

Actions (login required)

View Item View Item