Juita, Lidia (2023) Implementasi Eduecologi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen untuk Peningkatan Kesadaran Ekologis Kelas VII di SMPN 2 Gandangbatu Sillanan. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
similarity_lidia_1.pdf Download (217kB) |
|
Text
lidia_kata_pengantar_bab_1.pdf Download (527kB) |
|
Text
lidia_bab_2.pdf Download (871kB) |
|
Text
lidia_bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (918kB) | Request a copy |
|
Text
lidia_bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (695kB) | Request a copy |
|
Text
herdi_bab_5.pdf Download (326kB) |
|
Text
lidia_daftar_pustaka.pdf Download (512kB) |
Abstract
Judul skripsi: Implementasi Eduecologi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Untuk Peningkatan Kesadaran Ekologis Kelas VII di SMPN 2 Gandangbatu Sillanan. Dibimbing oleh Yan Malino, S.Th, M.Pd.k selaku pembimbing satu dan Darius, M.Th. selaku pembimbing dua. Kesadaran lingkungan adalah suatu usaha yang dapat melibatkan setiap individu atau kelompok dalam melestarikan lingkungan dan menciptakan lingkungan yang bersih. Permasalahan yang dihadapi di SMPN 2 Gandangbatu Sillanan adalah kurangnya kesadaran ekologis perserta didik kelas VII. Berdasarkan data pra tindakan menunjukkan bahwa dari 15 peserta didik memiliki skor angket 45,26 (26%). Hasil observasi juga menunjukkan kurangnya kesadaran peserta didik yang ditunjukkan dengan membuang sampah sembarangan dan kurangnya dalam melestarikan lingkungan di sekitar kelas. Berdasarkan permasalahan tersebut, rumusan masalah yang diajukan adalah “Bagaimana implementasi eduecologi dalam pembelajaran pendidikan agama Kristen untuk peningkatan kesadaran ekologis kelas VII di SMPN 2 Gandangbatu Sillanan?”.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi eduecologi dalam pembelajaran pendidikan agama kisten untuk peningkatan kesadaran ekologis kelas VII di SMPN 2 Gandangbatu Sillanan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan di kelas VII C yang berjumlah 15 peserta didik, dengan menggunakan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 1 kali pertemuan. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa kesadaran ekologis peserta didik mengalami peningkatan dilihat pada siklus dua yakni hasil angket mencapai skor rata-rata 97,54, dan hasil observasi menunjukkan siswa membuang sampah pada tempatnya dan membersihkan lingkungan sekolah. kesimpulannya bahwa implementasi eduecologi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dapat meningkatkan kesadaran ekologis kelas VII di SMPN 2 Gandangbatu Sillanan. Kata kunci : eduecologi, pendidikan agama Kristen, kesadaran ekologis
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | eduecologi, pendidikan agama Kristen, kesadaran ekologis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | S.I.Pust sarmita sumule |
Date Deposited: | 23 Aug 2023 07:41 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 11:39 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/202 |
Actions (login required)
View Item |