Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Guru Pendidikan Agama Kristen Jenjang Menengah terhadap Peningkatan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen di Lingkup Kecamatan Makale Kabupaten Tana Toraja

Yanti, Vemi (2012) Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Guru Pendidikan Agama Kristen Jenjang Menengah terhadap Peningkatan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen di Lingkup Kecamatan Makale Kabupaten Tana Toraja. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
vemi_hd.pdf

Download (169kB)
[img] Text
vemi_kp.pdf

Download (159kB)
[img] Text
vemi_bab_1.pdf

Download (106kB)
[img] Text
vemi_bab_2.pdf

Download (629kB)
[img] Text
vemi_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (860kB) | Request a copy
[img] Text
vemi_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text
vemi_bab_5.pdf

Download (50kB)
[img] Text
vemi_dp.pdf

Download (53kB)
[img] Text
vemi_lp.pdf

Download (1MB)
[img] Text
vemi_cv.pdf

Download (45kB)

Abstract

Vemi Yanti, 2012. Menyusun skripsi dengan judul “PENGARUH PELAKSANAAN SUPERVISI GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN JENJANG MENENGAH TERHADAP PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI LINGKUP KECAMATAN MAKALE KABUPATEN TANA TORAJA”. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh supervisi guru pendidikan agama kristen jenjang menengah dalam meningkatkan profesionalisme guru pendidikan agama kristen di Lingkup Kecamatan Makale Kabupaten Tana Toraja. Supervisi merupakan pengawasan, pembimbingan, koreksi, pembinaan yang dilakukan oleh seorang pimpinan kepada bawahannya demi sebuah perbaikan. Sedangkan profesionalisme yaitu mutu, kualitas, keahlian dan keterampilan yang di miliki seseorang dalam melaksanakan tugasnya sejalan dengan tuntutan profesinya. Hipotesis alternatif (Hi) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pelaksanaan supervisi terhadap peningkatan profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen di Lingkup Kecamatan Makale Kabupaten Tana Toraja. Selanjutnya hipotesis nihil (Hq) adalah pelaksanaan Supervisi tidak memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap peningkatan profesionalisme Guru PAK di Lingkup Kecamatan Makale Kabupaten Tana Toraja. Variabel bebas (independen) dalam penelitian ini adalah supervisi guru PAK dan variabel terikat (dependen) adalah profesionalisme guru PAK. Populasi dalam penelitian ini adalah guru agama kristen jenjang menengah (SMP, SMA/SMK) di Lingkup Kecamatan Makale yang seluruhnya berjumlah 22 orang. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan sampling jenuh yaitu teknik penentuan sampel dengan mengambil semua anggota populasi sebagai sampel. Jumlah sampel adalah 22 orang guru. Dalam pengumpulan data digunakan metode angket (questioner)9 yang dibagikan kepada responden untuk diisi dan kemudian dianalisis dengan rumus korelasi product moment dari pearson. Berdasarkan hasil penelitian lapangan bagi guru-guru PAK di lingkup Kecamatan Makale Kabupaten Tana Toraja dapat disimpulkan bahwa supervisi guru PAK (X) memiliki kaitan erat (signifikan) dengan profesionalisme guru PAK (Y). Dalam variabel X tersebut secara simultan memberikan pengaruh positif terhadap profesionalisme guru PAK sehingga semakin baik proses supervisi bagi guru-guru PAK maka semakin baik pula kinerja guru PAK. Dengan demikian penelitian ini membuktikan bahwa supervisi guru PAK memiliki pengaruh yang sangat positif terhadap peningkatan profesionalisme guru PAK jenjang menengah di lingkup Kecamatan Makale Kabupaten Tana Toraja.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 25 May 2024 06:42
Last Modified: 29 Jul 2024 10:21
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/1277

Actions (login required)

View Item View Item