Analisis tentang Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen bagi Karakter Kristiani Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Mengkendek

Palimbong, Kristiani (2016) Analisis tentang Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen bagi Karakter Kristiani Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Mengkendek. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
kristiani_hd.docx

Download (79kB)
[img] Text
kristiani_kp.docx

Download (12kB)
[img] Text
kristiani_bab_1.docx

Download (10kB)
[img] Text
kristiani_bab_2.docx

Download (25kB)
[img] Text
kristiani_bab_3.docx
Restricted to Repository staff only

Download (15kB) | Request a copy
[img] Text
kristiani_bab_4.docx
Restricted to Repository staff only

Download (11kB) | Request a copy
[img] Text
kristiani_bab_5.docx

Download (6kB)
[img] Text
kristiani_dp.docx

Download (7kB)
[img] Text
kristiani_lp.docx

Download (27kB)
[img] Text
kristiani_cv.pdf

Download (266kB)

Abstract

Kristiani Palimbong (20123439), Tahun 2016. Menyusun skripsi dengan judul “Analisis tentang Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Pemberlakuan Karakter Kristiani di Kalangan Siswa Kristen Kelas VII SMP Negeri 2 Mengkendek Kabupaten Tana Toraja”. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis peranan guru Pendidikan Agama Kristen dalam pemberlakuan karakter kristiani di kalangan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Mengkendek Kabupaten Tana Toraja. Guru PAK memiliki tugas untuk mendidk, melatih, memimpin, membimbing, membina karakter siswa dan menjadi teladan bagi siswa dalam memberlakukan nilai-nilai karakter. Latar belakang penelitian ini didasari atas adanya keprihatinan penulis tentang karakter siswa yang semakin merosot. Secara khusus di SMP Negeri 2 Mengkendek Kabupaten Tana Toraja ditandai dengan adanya perilaku siswa yang kurang baik misalnya: malas belajar, merokok di lingkungan sekolah dan menonton video porno. Dalam merampung penulisan ini, metode yang digunakan oleh penulis adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan observasi dan wawancara serta menggunakan teknis analisis melalui reduksi data, interpretasi data, dan analisis data. Jumlah informan yang diteliti adalah dua orang guru PAK dan lima siswa SMP Negeri 2 Mengkendek. Setiap informan penulis wawancarai dan dari hasil wawancara tersebut yang kemudian membantu penulis untuk menganalisis. Dari hasil penelitian, penulis mengambil kesimpulan bahwa guru PAK sudah berperan dalam pemberlakuan karakter, namun siswa yang tidak mempraktekkan nilai-nilai karakter yang diterima lewat kehidupannya. Adapun saran penulis secara khusus bagi guru PAK harus meningkatkan peranannya sebagai pendidik, pelatih, pemimpin, pembimbing, Pembina karakter siswa dan menjadi teladan bagi siswa.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: mahasiswa mahasiswa
Date Deposited: 28 Mar 2024 20:10
Last Modified: 29 Jul 2024 14:33
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/874

Actions (login required)

View Item View Item