Palimbong, Kristiani (2016) Analisis tentang Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen bagi Karakter Kristiani Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Mengkendek. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
kristiani_hd.docx Download (79kB) |
|
Text
kristiani_kp.docx Download (12kB) |
|
Text
kristiani_bab_1.docx Download (10kB) |
|
Text
kristiani_bab_2.docx Download (25kB) |
|
Text
kristiani_bab_3.docx Restricted to Repository staff only Download (15kB) | Request a copy |
|
Text
kristiani_bab_4.docx Restricted to Repository staff only Download (11kB) | Request a copy |
|
Text
kristiani_bab_5.docx Download (6kB) |
|
Text
kristiani_dp.docx Download (7kB) |
|
Text
kristiani_lp.docx Download (27kB) |
|
Text
kristiani_cv.pdf Download (266kB) |
Abstract
Kristiani Palimbong (20123439), Tahun 2016. Menyusun skripsi dengan judul “Analisis tentang Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Pemberlakuan Karakter Kristiani di Kalangan Siswa Kristen Kelas VII SMP Negeri 2 Mengkendek Kabupaten Tana Toraja”. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis peranan guru Pendidikan Agama Kristen dalam pemberlakuan karakter kristiani di kalangan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Mengkendek Kabupaten Tana Toraja. Guru PAK memiliki tugas untuk mendidk, melatih, memimpin, membimbing, membina karakter siswa dan menjadi teladan bagi siswa dalam memberlakukan nilai-nilai karakter. Latar belakang penelitian ini didasari atas adanya keprihatinan penulis tentang karakter siswa yang semakin merosot. Secara khusus di SMP Negeri 2 Mengkendek Kabupaten Tana Toraja ditandai dengan adanya perilaku siswa yang kurang baik misalnya: malas belajar, merokok di lingkungan sekolah dan menonton video porno. Dalam merampung penulisan ini, metode yang digunakan oleh penulis adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan observasi dan wawancara serta menggunakan teknis analisis melalui reduksi data, interpretasi data, dan analisis data. Jumlah informan yang diteliti adalah dua orang guru PAK dan lima siswa SMP Negeri 2 Mengkendek. Setiap informan penulis wawancarai dan dari hasil wawancara tersebut yang kemudian membantu penulis untuk menganalisis. Dari hasil penelitian, penulis mengambil kesimpulan bahwa guru PAK sudah berperan dalam pemberlakuan karakter, namun siswa yang tidak mempraktekkan nilai-nilai karakter yang diterima lewat kehidupannya. Adapun saran penulis secara khusus bagi guru PAK harus meningkatkan peranannya sebagai pendidik, pelatih, pemimpin, pembimbing, Pembina karakter siswa dan menjadi teladan bagi siswa.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | mahasiswa mahasiswa |
Date Deposited: | 28 Mar 2024 20:10 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 14:33 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/874 |
Actions (login required)
View Item |