Hubungan Self-Efficacy dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Siswa Kelas VII di SMPN Satap 5 Gandangbatu Sillanan

Tembang, Moria (2025) Hubungan Self-Efficacy dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Siswa Kelas VII di SMPN Satap 5 Gandangbatu Sillanan. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.

[img] Text
moria_kp.pdf

Download (420kB)
[img] Text
moria_bab_1.pdf

Download (446kB)
[img] Text
moria_bab_2.pdf

Download (517kB)
[img] Text
moria_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (927kB) | Request a copy
[img] Text
moria_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB) | Request a copy
[img] Text
moria_bab_5.pdf

Download (374kB)
[img] Text
moria_dp.pdf

Download (407kB)
[img] Text
moria_lp.pdf

Download (828kB)
[img] Text
moria_lp2.pdf

Download (768kB)
[img] Text
moria_cv.pdf

Download (305kB)
[img] Text
moria_hd.pdf

Download (284kB)
[img] Text
moria_skpp.pdf

Download (68kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada hubungan Self Efficacy dengan Kecemasan berbicara di depan umum pada siswa kelas VII di UPT SMPN Satap 5 Gandangbatu Sillanan. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian korelasional. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa hipotesis penelitian yang diterima yaitu H2 yakni terdapat pengaruh yang negatif antara self efficacy dengan kecemasan berbicara di depan umum. Hasil tersebut didapat dari hasil, hasil uji regresi linear berganda yaitu: Ŷ = 153,993 + (–1,159)X + e selain itu hasil dari uji korelasi menghasilkan nilai rhitung= 0,678 yang lebih besar dari rtabel 0,355, yang berarti terdapat hubungan yang cukup kuat antara kedua variabel. Selain itu, nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,460 menunjukkan bahwa self efficacy menyumbang 46% terhadap variasi kecemasan berbicara, sementara 54% sisanya dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Faktor-faktor tersebut bisa berupa pengalaman berbicara sebelumnya, tingkat dukungan sosial dari teman dan keluarga, pola asuh orang tua, maupun kondisi psikologis personal seperti kepribadian introvert-ekstrovert atau tingkat kepercayaan diri secara umum. Kata Kunci: Self Efficacy, Kecemasan Berbicara di Depan Umum. ABSTRACT This study aims to determine whether there is a relationship between self -efficacy and public speaking anxiety among seventh-grade students at UPT SMPN Satap 5 Gandangbatu Sillanan .The research desingn used in this study is quantitative with a correlational research type .The results of inferential statistical analysis showed that the researche hypothesis was accepted, meaning that there is asingnificant influence between self-efficacy and public speaking anxiety.The results obtained from multiple linear regression analysis are : Ŷ = 153,993 + (–1,159)X + e.The correlation test producd a value of rhitung = 0.678 with a singnificance level of 0,335, indicating a fairly strong relationship between the two variabels. Furthermore, the coeefficient of determination (R Square ) of 0,460 indicates that self-effiacy contributes 46% to public speaking anxitety ,while the remaining 54% is explained by other factors not examined in this study.These factors may include prior speaking experience level of social support from friends and family , parenting styles, as well as personal psychological. Keywords: Self Efficacy, Public Speaking.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Depositing User: am andarias m.
Date Deposited: 26 Sep 2025 10:47
Last Modified: 26 Sep 2025 10:47
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/5093

Actions (login required)

View Item View Item