Implementasi Interaksi-Edukatif Berbasis Kecerdasan Buatan (AI) dalam Meningkatkan Keterampilan Intelektual Siswa pada Mata Pelajaran PAK di SMAN 8 Luwu

Leonardo, Noldy Ferry (2025) Implementasi Interaksi-Edukatif Berbasis Kecerdasan Buatan (AI) dalam Meningkatkan Keterampilan Intelektual Siswa pada Mata Pelajaran PAK di SMAN 8 Luwu. Masters thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.

[img] Text
noldy_skpp.pdf

Download (98kB)
[img] Text
noldy_hd.pdf

Download (247kB)
[img] Text
noldy_kp.pdf

Download (712kB)
[img] Text
noldy_bab_1.pdf

Download (483kB)
[img] Text
noldy_bab_2.pdf

Download (681kB)
[img] Text
noldy_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text
noldy_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text
noldy_bab_5.pdf

Download (320kB)
[img] Text
noldy_dp.pdf

Download (353kB)
[img] Text
noldy_lp.pdf

Download (506kB)
[img] Text
noldy_cv.pdf

Download (376kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan model interaksi-edukatif yang dibantu oleh kecerdasan buatan (AI) dalam meningkatkan kemampuan berpikir siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) di SMAN 8 Luwu. Latar belakang dari penelitian ini muncul karena banyak siswa yang masih kurang mampu berpikir kritis, logis, dan analitis, serta metode mengajar yang digunakan selama ini cenderung bersifat satu arah dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus yang mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Model pembelajaran yang diterapkan mengacu pada pemikiran Syaiful Bahri Djamarah, yang menekankan pentingnya komunikasi dua arah antara guru dan siswa. Dalam proses pembelajaran, teknologi AI seperti ChatGPT dimanfaatkan untuk membantu siswa menganalisis kasus-kasus teologis dan menyusun argumen mereka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan yang cukup besar dalam kemampuan berpikir siswa, seperti lebih aktif dalam berdiskusi, mampu menggunakan AI secara mandiri, berpikir kritis, dan menyelesaikan tugas dengan tepat. Berdasarkan data pengamatan, kemampuan intelektual siswa meningkat lebih dari 70% setelah dua siklus pembelajaran. Kesimpulannya, penggunaan model pembelajaran interaktif berbasis AI terbukti efektif dalam membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir mereka dalam pembelajaran PAK. Penelitian ini juga memberikan manfaat praktis bagi pengembangan strategi pembelajaran berbasis teknologi dan bisa dijadikan acuan dalam menciptakan metode pembelajaran yang inovatif dalam Pendidikan Agama Kristen. Kata kunci: interaksi-edukatif, kecerdasan buatan (AI), kemampuan berpikir, Pendidikan Agama Kristen, Penelitian Tindakan Kelas ABSTRACT This study aims to examine the effectiveness of an educative-interaction model assisted by Artificial Intelligence (AI) in enhancing students’ thinking skills in Christian Religious Education (PAK) at SMAN 8 Luwu. The background of this research is based on the observation that many students still struggle with critical, logical, and analytical thinking, while the prevailing teaching methods tend to be one-directional and lack active student engagement. The study employed a Classroom Action Research (CAR) method conducted in two cycles, encompassing the stages of planning, implementation, observation, and reflection. The learning model applied refers to the approach of Syaiful Bahri Djamarah, which emphasizes two-way communication between teachers and students. In the learning process, AI technology such as ChatGPT was utilized to assist students in analyzing theological case studies and constructing arguments. The findings revealed a substantial improvement in students' thinking abilities, including increased participation in discussions, independent use of AI, critical thinking, and task accuracy. Observation data indicated that students' intellectual skills improved by more than 70% after the second learning cycle. In conclusion, the application of an AI-based interactive learning model has proven effective in developing students’ thinking skills in Christian Religious Education. This study also offers practical contributions to the design of technology-based instructional strategies and serves as a reference for the development of innovative learning methods in Christian education. Keywords: interaction-educative, artificial intelligence (AI), thinking skills, Christian Religious Education, Classroom Action Research

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Depositing User: Andarias Manting
Date Deposited: 20 Aug 2025 09:27
Last Modified: 20 Aug 2025 09:27
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/5007

Actions (login required)

View Item View Item