Anugrah, Julia (2025) Pengaruh Bimbingan Klasikal Menggunakan Media Pembelajaran terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII di UPT SMP Kristen Makale. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.
![]() |
Text
julia_skpp.pdf Download (55kB) |
![]() |
Text
julia_hd.pdf Download (303kB) |
![]() |
Text
julia_kp.pdf Download (213kB) |
![]() |
Text
julia_bab_1.pdf Download (385kB) |
![]() |
Text
julia_bab_2.pdf Download (625kB) |
![]() |
Text
julia_bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (888kB) | Request a copy |
![]() |
Text
julia_bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (677kB) | Request a copy |
![]() |
Text
julia_dp.pdf Download (337kB) |
![]() |
Text
julia_bab_5.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text
julia_lp.pdf Download (12MB) |
![]() |
Text
julia_lp2.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
julia_cv.pdf Download (162kB) |
Abstract
Julia Anugrah, 2025 meneliti pengaruh Bimbingan Klasikal menggunakan Media Pembelajaran terhadap Minat Belajar siswa kelas VIII di UPT SMP Kristen Makale. Minat belajar merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan peserta didik dalam proses pembelajaran. Namun, berdasarkan hasil observasi awal di UPT SMP Kristen Makale, ditemukan bahwa siswa kelas VIII menunjukkan minat belajar yang rendah, seperti kurang antusias dalam menjawab pertanyaan, tidak fokus saat guru menjelaskan, tidak menyelesaikan tugas yang diberikan, dan metode pembelajaran yang kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan klasikal menggunakan media pembelajaran terhadap minat belajar siswa kelas VIII di UPT SMP Kristen Makale. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif dengan quasi-eksperimen dan desain non-equivalent control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol, dengan total 62 siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil pre-test dan post-test pada kelas eksperimen, yang menunjukkan peningkatan minat belajar setelah diberi layanan bimbingan klasikal menggunakan media pembelajaran berupa audiovisual dan aplikasi Quizizz. Uji hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,000 di bawah 0,05, yang berarti bimbingan klasikal menggunakan media pembelajaran berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan minat belajar siswa. Maka dari itu, bimbingan klasikal yang dikombinasikan dengan media pembelajaran terbukti efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa. Kata kunci : Bimbingan Klasikal, Media Pembelajaran, Minat Belajar ABSTRACT Julia Anugrah, 2025 examined the effect of Classical Guidance using Learning Media on Learning Interest of class VIII students at UPT SMP Kristen Makale. Learning interest is one of the important factors that influence the success of students in the learning process. However, based on the results of preliminary observations at UPT SMP Kristen Makale, it was found that class VIII students showed low interest in learning, such as lack of enthusiasm in answering questions, not focusing when the teacher explained, not completing the assigned tasks, and learning methods that were less interesting. This study aims to determine the effect of classical guidance using learning media on class VIII students' interest in learning at UPT SMP Kristen Makale. The research method used was quantitative with quasi-experiment and non-equivalent control group design. The research sample consisted of two classes, namely class VIII C as the experimental class and class VIII D as the control class, with a total of 62 students. The results of data analysis show that there is a significant difference between the pre-test and post-test results in the experimental class, which shows an increase in interest in learning after being given classical guidance services using learning media in the form of audiovisual and Quizizz applications. Hypothesis testing using the t-test shows that the significance value of 0,000 is below 0.05, which means that classical guidance using learning media has a significant effect on increasing interest in learning. Keywords: Classical Guidance, Learning Media, Learning Interest.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | am andarias m. |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 14:42 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 08:49 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4713 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |