Sopati, Sermita R. (2025) Teori Kognitif Jean Piaget dalam Pembelajaran: Relevansi Penerapan Pemikiran Jean Piaget bagi Guru PAK dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Kelas III pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen di SD Kristen Makale 2. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.
![]() |
Text
sermita_skpp.pdf Download (67kB) |
![]() |
Text
sermita_hd.pdf Download (304kB) |
![]() |
Text
sermita_kp.pdf Download (352kB) |
![]() |
Text
sermita_bab_1.pdf Download (395kB) |
![]() |
Text
sermita_bab_2.pdf Download (720kB) |
![]() |
Text
sermita_bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (395kB) | Request a copy |
![]() |
Text
sermita_bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (475kB) | Request a copy |
![]() |
Text
sermita_bab_5.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
sermita_dp.pdf Download (272kB) |
![]() |
Text
sermita_lp.pdf Download (342kB) |
![]() |
Text
sermita_lp2.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
sermita_cv.pdf Download (188kB) |
Abstract
Penyusunan skripsi dengan judul Teori Kognitif Jean Piaget Dalam Pembelajaran: Relevansi Penerapan Pemikiran Jean Piaget bagi Guru PAK Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen di SD Kristen Makale 2. Adapun masalah yang didapatkan di lapangan yaitu guru belum secara khusus mengaplikasikan teori belajar kognitif yang dikemukakan oleh Jean Piaget untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bagi siswa. Kemudian tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan relevansi konsep yang dikemukakan oleh Jean Piaget bagi para pendidik Pendidikan Agama Kristen sebagai sebuah teori pembelajaran yang dapat berkontribusi dalam peningkatan kualitas pembelajaran di SD Kristen Makale 2. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data dengan memanfaatkan melalui literatur, observasi dan wawancara, dan menggunakan teknik analisis data dengan mereduksi data, penyajian data atau display, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan pemikiran Jean Piaget bagi guru PAK relevan dalam meningkatkan kualitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen di SD Kristen Makale 2 dilihat dari penggunaan pengalaman konkret yang terbukti membantu siswa memahami konsep abstrak dengan lebih baik. Kata Kunci: Kognitif, Teori Kognitif Piaget, Kualitas Pembelajaran. ABSTRACT Thesis Preparation with the title Jean Piaget’s Cognitive Theory: Relevance of the Application of Jean Piaget’s Thoughts for Christian Religious Education Subjects at Makale 2 Christian Elementary School. The purpose of this study is to describe the relevance of the concept put forward by Jean Piaget for Christian Religious Education educators as a learning theory that can contribute to improving the quality of learning at Makale 2 Christian Elementary School. In the initial observation, it was found that Christian Religious Education teachers at Makale 2 Christian Elementary School had not specifically applied the cognitive learning theory put forward by Jean Piaget to improve the quality of learning for students. This study also uses a qualitative descriptive method, with data collection techniques by reducing data, presenting data or displays, and drawing conclusions. Based on the results of the research that has been carried out, it can be concluded that the determination of Jean Piaget’s thoughts for PAK teachers is relevant in improving the quality of student learning in the subject of Christian Religious Education at Makale 2 Christian elementary School, seen from the use of Bonistet’s experience which has been proven to help sieva sveriabami abscract concerts better. Keywords: Cognitive, Piaget’s Cognitive Theory, Learning Quality.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Depositing User: | am andarias m. |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 08:21 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 08:21 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4693 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |