Pengaruh Konsep Diri Guru Kristen terhadap Keberhasilan Mengajar Pendidikan Agama Kristen di SD Se-Kecamatan Wasuponda

Talinuya, Rahel (2014) Pengaruh Konsep Diri Guru Kristen terhadap Keberhasilan Mengajar Pendidikan Agama Kristen di SD Se-Kecamatan Wasuponda. Masters thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.

[img] Text
rahel_hd.pdf

Download (588kB)
[img] Text
rahel_kp.pdf

Download (123kB)
[img] Text
rahel_bab_1.pdf

Download (342kB)
[img] Text
rahel_bab_2.pdf

Download (783kB)
[img] Text
rahel_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text
rahel_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text
rahel_bab_5.pdf

Download (32kB)
[img] Text
rahel_dp.pdf

Download (62kB)
[img] Text
rahel_lp.pdf

Download (369kB)
[img] Text
rahel_cv.pdf

Download (42kB)

Abstract

Rahel Talinuya 2014, menyusun Tesis dengan judul Pengaruh Konsep Diri Guru Kristen Terhadap Keberhasilan Mengajar di SD Se-Kecamatan Wasuponda. Judul ini dipilih karena seorang guru Kristen penting mempunyai konsep diri yang baik, karena dengan konsep diri itu pula guru dapat mempengaruhi anak didiknya. Konsep diri yang baik dan positif akan menjadi pemicu semangat dan ketertarikan pada materi pembelajaran yang disampaikan. Hal ini dapat terjadi melalui aktualisasi diri yang didapatkan dari proses belajar, meniru atau meneladani. Persamaan regresi dari variabel X terhadap variabel Y menunjukkan bahwa Konsep Diri guru PAK mengalami kenaikan yaitu sebesar 0,274 kali dengan asumsi variabel indefenden lainnya tetap jika seandainya Konsep Diri guru PAK nilainya 0. Hal ini menunjukkan bahwa yang mempengaruhi Keberhasilan Mengajar di SD se-kecamatan Wasuponda karena adanya Konsep Diri guru PAK namun pada taraf kurang signifikan. Beberapa saran yang penulis paparkan yang perlu diperhatikan, Oleh Guru Pendidikan Agama Kristen di Kecamatan Wasuponda: Pertama, hendaklah setiap guru dapat megembangkan konsep diri yang lebih baik untuk membentuk siswa kearah yang lebih baik dan berhasil. Kedua, Pembinaan yang sering dilakukan mesti juga menyentuh kehidupan guru, khususnya konsep diri guru Kristen. Ketiga, Peneliti menyarankan bahwa hasil studi ini dapat memberi arah bagi siapapun yang akan mengembangkan pengajaran dan penggembalaan konsep diri. Keempat, penelitian melihat perlunya studi serupa dikembangkan untuk melihat ada tidaknya kemungkinan yang sama dan perbaikan-perbaikan di kesempatan lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 15 Feb 2025 14:46
Last Modified: 15 Feb 2025 14:46
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4397

Actions (login required)

View Item View Item