Padda', Senianti (2015) Kurikulum Rambu Solo' Rapasan Sundun: sebuah Kajian Edukasi Teologis bagi Pengembangan Kurikulum Gereja Toraja dalam Rangka Pelayanan Rambu Solo’ di Tikala. Masters thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.
![]() |
Text
senianti_hd.pdf Download (567kB) |
![]() |
Text
senianti_kp.pdf Download (172kB) |
![]() |
Text
senianti_bab_1.pdf Download (268kB) |
![]() |
Text
senianti_bab_2.pdf Download (923kB) |
![]() |
Text
senianti_bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (484kB) | Request a copy |
![]() |
Text
senianti_bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
senianti_bab_5.pdf Download (54kB) |
![]() |
Text
senianti_dp.pdf Download (132kB) |
![]() |
Text
senianti_lp.pdf Download (25kB) |
![]() |
Text
senianti_lp2.pdf Download (774kB) |
Abstract
SENIANTI PADDA’. Kurikulum Rambu Solo' Rapasan Sundun, Sebuah Kajian Edukasi Teologis terhadap Rambu Solo'Rapasan Sundun di Tikala. Dibimbing oleh Dr. Abraham S. Tanggulungan, M.Th. dan Dr. Ismail Banne Ringgi’, M.Th. Penelitian ini bertolak dari masalah kaburnya nilai-nilai dalam pelaksanaan rambu solo' rapasan sundun dan bertujuan untuk mengungkapkan nilai-nilai edukasi dan menyusunnya sebagai sebuah bentuk pengembangan kurikulum PAK kontekstual yang memuat komponen: tujuan, isi dan metode. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sebagai analisa sosiologis yang mencakup: fenomena dan etnografi dengan langkah-langkah: memahami setiap ritus dan simbol-simbol dalam paham otentik aluk, mengungkapkan nilai-nilai edukasi yang terkandung di dalamnya, dan selanjutnya merefleksikan nilai-nilai tersebut sebagai pendidikan Kristiani. Data dalam penelitian ini diperoleh baik di dalam wilayah Tikala maupun di luar Tikala, yakni daerah yang mempunyai hubungan historis dan adat dengan Tikala. Teknik utama pengumpulan data adalah indepth intervieuw dengan 12 informan pokok dan empat informan kunci. Selain itu, juga dengan pengamatan langsung di beberapa rambu' solo' rapasan sundun di Tikala. Hasil penelitian menemukan ada nilai-nilai edukasi dalam paham otentik aluk rambu solo' rapasan sundun, yakni: nilai religius, nilai filosofis, nilai psikologis, dan nilai sosial budaya yang dapat disusun sebagai sebuah bentuk pengembangan kurikulum PAK kontekstual. Kurikulum rambu solo' rapasan sundun: a. Dikembangkan berdasarkan visi dan misi Gereja (Toraja) sebagai acuan standar kompetensi, kompetensi dasar, dan indikator capaiannya. b. Mengakomodasi ketiga arah orientasi pengembangan kurikulum: Sebagai yang berorientasi disiplin ilmu, ia berpusat pada pengetahuan teologis (Kristen) berbasis kearifan lokal Toraja; sebagai yang berorientasi masyarakat, ia harus perpihak pada pelestarian nilai-nilai luhur budaya masyarakat Toraja; dan sebagai yang berorientasi pada peserta didik, ia harus mempertimbangkan tingkat kematangan dan suasana kebatinan para peserta upacara ARS. c. Mengindahkan prinsip relevansif, fleksibel, kontinuitas, efisien dan efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 11 Feb 2025 04:08 |
Last Modified: | 11 Feb 2025 04:08 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4338 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |