Pendidikan Karakter dalam Ukiran Toraja: suatu Kajian Pedagogis tentang Pendidikan Karakter dalam Ukiran Toraja dan Implementasinya bagi Pemuda di Lembang Misa’ Ba’bana dan Lembang Sapan Kua-kua Paniki, Kecamatan Buntao’, Kabupaten Toraja Utara

Teka, John (2016) Pendidikan Karakter dalam Ukiran Toraja: suatu Kajian Pedagogis tentang Pendidikan Karakter dalam Ukiran Toraja dan Implementasinya bagi Pemuda di Lembang Misa’ Ba’bana dan Lembang Sapan Kua-kua Paniki, Kecamatan Buntao’, Kabupaten Toraja Utara. Masters thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.

[img] Text
jhon_hd.pdf

Download (579kB)
[img] Text
jhon_kp.pdf

Download (275kB)
[img] Text
jhon_bab_1.pdf

Download (544kB)
[img] Text
jhon_bab_2.pdf

Download (603kB)
[img] Text
jhon_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB) | Request a copy
[img] Text
jhon_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (768kB) | Request a copy
[img] Text
jhon_bab_5.pdf

Download (427kB)
[img] Text
jhon_dp.pdf

Download (404kB)
[img] Text
jhon_dp.pdf

Download (404kB)
[img] Text
jhon_cv.pdf

Download (344kB)

Abstract

John Teka’ dengan Judul Tesis: PENDIDIKAN KARAKTER DALAM UKIRAN TORAJA dengan Sub Judul: Suatu Kajian Pedagogis tentang Pendidikan Karakter dalam Ukiran Toraja dan Implementasinya bagi Pemuda di Lembang Misa’ Ba’bana dan Lembang Sapan Kua-Kua Paniki. Tulisan ini ditulis melihat fenomena kehidupan dan karakter pemuda sekarang yang tidak memahami dan tidak membedakan adat dan budaya sehingga sering teijadi pelanggaran adat dan budaya. Bertolak dari masalah ini, maka peneliti tertarik untuk mengkaji ukiran Toraja sebagai warisan leluhur yang mengandung nilai karakter yang dapat diajarkan kepada pemuda sebagai generasi pelanjut pembangunan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian sosial dengan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka jelas ukiran Toraja yang diukir pada tongkonan dan lumbung memiliki makna dan ukiran tersebut merupakan gambaran hidup orang-orang yang memiliki tongkonan dan lumbung yang diukir. Nilai karakter yang ada dalam setiap ukiran, seperti ukiran pa ’ barre allo mengandung nilai semangat dan kasih Allah, ukiran pa' manuk londong mengandung nilai keadilan, keperkasaan dan keberanian, ukiran pa' tedong mengandung nilai keija keras dan kemakmuran serta ukiran pa' sussuk mengandung nilai kepemimpinan yang demokratis. Nilai karakter yang terkandung dalam ukiran Toraja belum sepenuhnya diajarkan orang tua yang memiliki tongkonan kepada anak-anaknya, khususnya pemuda sehingga pemuda di Lembang Misa’ Ba’bana dan Lembang Sapan Kua- Kua Paniki belum mengimplementasikan karakter sebagaimana yang digambarkan melalui ukiran Toraja yang ada pada tongkonan dan lumbung yang dimiliki karena orang tua sudah tidak mengajarkan. Tulisan ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi orang tua dan pemuda untuk memahami dan memaknai pentingnya pendidikan karakter diajarkan kepada setiap generasi melalui ukiran Toraja supaya nilai karakter yang terkandung di dalamnya dapat tetap lestari. xiii ABSTRACT John Teka dengan judul tesis: PENDIDIKAN KARAKTER DALAM UKIRAN TORAJA, dengan Sub Judul: Suatu Kajian Pedagogis tentang Pendidikan Karakter dalam Ukiran Toraja dan Implementasinya bagi Pemuda di Lembang Misa’ Ba’bana dan Lembang Sapan Kua-Kua Paniki. This article was written look at the phenomena of life and character of youth today who does not understand and does not distinguish between the customs and cultures so often happens breach customs and culture. Starting from this issue, the researcher is interested to study carving Toraja as a heritage that contains the character values that can be taught to the youth as a generation progressors development. The method used in this research is a social research with qualitative methods with data collection through interviews and observations. Based on the results of research conducted, it is clear Toraja carvings are carved on tongkonan and bams has a meaning and the carving is a picture of the lives of those who have carved tongkonan and bams. The value of the characters in each carving, such as carving pa ’barre allo contain the value of the spirit and the love of God, engraving pa' manuk Londong containing the values of justice, strength and courage, carving pa 'tedong contain the value of hard work and prosperity as well as carving pa' sussuk containing the values of democracy leadership. Values of characters contained in carving Toraja yet fiilly taught parents who have tongkonan to their children, especially the youth so that youth in Lembang Masses' Ba’bana and Lembang Sapan Kua Kua Paniki not reflect the character as portrayed by carving Toraja exist in tongkonan and bams owned bicouse parents not to teach something. This paper is expected to be input for parents and youth to understand and interpret the importance of character education is taught to eveiy generation through the carving Toraja so that the character values contained in it can remain sustainable.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 04 Feb 2025 19:48
Last Modified: 04 Feb 2025 19:48
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4303

Actions (login required)

View Item View Item