Pengaruh Hasil Evaluasi Afektif dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen terhadap Karakter Siswa Kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 3 Makale

Lele, Nelvira Gimpa (2013) Pengaruh Hasil Evaluasi Afektif dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen terhadap Karakter Siswa Kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 3 Makale. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
nelvira_hd.pdf

Download (235kB)
[img] Text
nelvira_kp.pdf

Download (218kB)
[img] Text
nelvira_bab_1.pdf

Download (129kB)
[img] Text
nelvira_bab_2.pdf

Download (333kB)
[img] Text
nelvira_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB) | Request a copy
[img] Text
nelvira_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text
nelvira_bab_5.pdf

Download (7kB)
[img] Text
nelvira_dp.pdf

Download (41kB)
[img] Text
nelvira_lp.pdf

Download (644kB)
[img] Text
nelvira_cv.pdf

Download (37kB)

Abstract

NELVIRA GIMPA LELE, tahun 2013. Menyusun skripsi dengan judul “PENGARUH HASIL EVALUASI AFEKTIF DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN TERHADAP KARAKTER SISWA KELAS XI IPA 1 DI SMA NEGERI 3 MAKALE”. Masalah dalam penelitian ini bahwa pengamatan sementara penulis bahwa pelaksanaan evaluasi masih lebih dominan pada ranah kognitif padahal yang sangat penting dalam Pendidikan Agama Kristen adalah penerapan pengetahuan dalam seluruh segi kehidupan yang dapat terlihat dari karakter. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh hasil evaluasi afektif dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen terhadap karakter siswa kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 3 Makale dan bentuk evaluasi afektif mana yang lebih berpengaruh. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kuantitatif. Hipotesis dalam penelitian ini ada dua yaitu hasil evaluasi afektif memiliki pengaruh yang kuat terhadap karakter siswa di SMA Negeri 3 Makale dan hasil evaluasi afektif dengan bentuk observasi perilaku merupakan indikator yang paling berpengaruh terhadap karakter siswa di SMA Negeri 3 Makale. Variabel bebas (independen) dalam penelitian ini adalah hasil evaluasi afektif dan variabel terikat (dependen) adalah karakter siswa. Populasi yang sekaligus menjadi sampel dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 3 Makale yang berjumlah 34 orang. Nilai korelasi yang diperoleh pada analisis validitas instrument dengan mengkorelasikan skor tiap item dengan jumlah skor total berkisar antara 0,367 —0,800 dan nilai reliabilitas yang diperoleh dengan teknik Belah Dua (split half) yang dianalisis dengan rumus Spearman Brown adalah 1,518. Dari pengujian Hipotesis pertama, didapatkan bahwa koefisien korelasi antara variabel independen dengan dependen memiliki nilai r = 0,411 yang terletak di antara 0,40 — 0,599, dan diinterprestasikan bahwa hubungan antara variabel independen dengan dependen adalah “sedang”. Sedangkan dari pengujian Hipotesis kedua, menunjukkan bahwa bentuk observasi perilaku merupakan bentuk yang lebih dominan berpengaruh terhadap karakter siswa dan hal itu sesuai dengan Hipotesis kedua dalam penelitian ini. Jadi, hipotesis Hal dan H02 “ditolak” sedangkan Ha2 dan H01 “diterima”.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 22 Jan 2025 15:45
Last Modified: 22 Jan 2025 15:45
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4103

Actions (login required)

View Item View Item