Optimalisasi Pencapaian Standar Kompetensi Lulusan dalam Pembelajaran Daring di SMA Negeri 1 Toraja Utara

Tasik, Ratna Kala' (2021) Optimalisasi Pencapaian Standar Kompetensi Lulusan dalam Pembelajaran Daring di SMA Negeri 1 Toraja Utara. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
ratna_pcc.pdf

Download (89kB)
[img] Text
ratna_hd.pdf

Download (265kB)
[img] Text
ratna_kp.pdf

Download (209kB)
[img] Text
ratna_bab_1.pdf

Download (19kB)
[img] Text
ratna_bab_2.pdf

Download (328kB)
[img] Text
ratna_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB) | Request a copy
[img] Text
ratna_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text
ratna_bab_5.pdf

Download (8kB)
[img] Text
ratna_dp.pdf

Download (129kB)
[img] Text
ratna_cv.pdf

Download (49kB)

Abstract

Ratna Kala’ Tasik, 2021. Optimalisasi Pencapaian Standar Kompetensi Lulusan dalam Pembelajaran Daring di SMA Negeri 1 Toraja Utara. Institut Agama Negeri (IAKN) Toraja, dibawah bimbingan Algu S. Pabangke, M. Pd. Dan Sumiati Putri Natalia, M. Pd. Proses pembelajaran tentu mengalami permasalahan dan begitu banyak hambatan dengan munculnya pandemic covid-19 dimana proses pembelajaran dilaksanakan dari tatap muka menjadi pembelajaran secara daring/online. Sementara itu dalam proses pembelajaran harus dicapai standar kompetensi lulusan yang harus dipenuhi oleh sebuah lulusan setelah melakukan proses belajar mengajar. Standar kompetensi lulusan tersebut dirancang untuk dapat dicapai dalam proses pembelajaran tatap muka, namun ketika proses pembelajaran dilakukan secara daring standar kompetensi lulusan ini tetap harus dicapai secara optimal. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana optimalisasi pencapaian standar kompetensi lulusan di SMA Negeri 1 Toraja utara dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguraikan optimalisasi pencapaian standar kompetensi lulusan di SMA Negeri 1 Toraja Utara. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Toraja Utara dengan menggunakan pendekatan kualitatif jenis deksriptif dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi literatur, observasi, dan wawancara. Mengoptimalkan pencapaian standar kompetensi lulusan diperlukan kerjasama yang baik antara standar nasional pendidikan tenitama guru sebagai standar yang paling utama yaitu dengan menggunakan model blanded learning sebagai model pembelajaran daring yaitu memadukan pembelajaran konvensional dengan penggunaan media elektronik yaitu aplikasi Zoom dan Meet sehingga tetap terjadi proses belajar mengajar, ada interaksi yang aktif dan partisipatif antara guru dan siswa, selain itu guru membuat bahan ajar atau materi yang sederhana yang dapat dengan mudah dipahami oleh siswa. Kata kunci : Optimalisasi, Standar Kompetensi Lulusan, Pembelajaran Daring, Standar Nasional Pendidikan.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 19 Jan 2025 19:25
Last Modified: 19 Jan 2025 19:25
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4093

Actions (login required)

View Item View Item