Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Model PAIKEM pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen di SDN 296 Inpres Otin Mengkendek

Sura', Eunike (2021) Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Model PAIKEM pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen di SDN 296 Inpres Otin Mengkendek. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
eunike_hd.doc

Download (185kB)
[img] Text
eunike_kp.doc

Download (63kB)
[img] Text
eunike_bab_1.doc

Download (107kB)
[img] Text
eunike_bab_2.doc

Download (328kB)
[img] Text
eunike_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text
eunike_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (155kB) | Request a copy
[img] Text
eunike_bab_5.doc

Download (20kB)
[img] Text
eunike_dp.doc

Download (25kB)
[img] Text
eunike_cv.doc

Download (27kB)

Abstract

Eunike Sura’ (1020164928). Tahun 2021 menyusun skripsi dengan Judul Meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penerapan model PAIKEM pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Kelas V di SDN Inpres Otin Mengkendek Dibimbing oleh Ice Novita Triana Lolon SS., M.A sebagai pembimbing I dan Neni Riskayanti M.Pd sebagai pembimbing II. Penelitian ini berawal dari kenyataan bahwa ada beberapa siswa yang kesulitan memahami pelajaran. Hal ini disebabkan karena pola pembelajaran yang berpusat pada guru, sehingga motivasi belajar siswa tidak terbentuk, dan metode pembelajaran yang diberikan kurang berinovasi dengan kondisi yang kurang menyenangkan, membuat siswa mudah bosan, sibuk dengan aktivitasnya sendiri dan tidak fokus dalam mengikuti proses belajar mengajar, Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini dengan menggunakan model PAIKEM. PAIKEM merupakan salah satu model pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa kelas V SDN Inpres Otin Mengkendek. Peneliti berkeyakinan dan memilih bahwa dengan menerapkan model PAIKEM maka dapat merangsang dan memotivasi siswa dalam belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan kuantitatif dalam memperoleh data-data yang berupa angka, dengan bentuk penelitian yaitu penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, siklus pertama dilaksanakan 1 kali pertemuan dan siklus kedua 1 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Inpres Otin. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif. Motivasi belajar siswa pada pelaksanaan siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari hasil prosentase individu pada lembar observasi motivasi belajar siswa, dimana pada siklus I terdapat 7 siswa yang jumlah skor prosentasi individualnya < 70% dan terdapat 1 siswa yang >70%. Namun pada siklus II motivasi belajar siswa mengalami peningkatan yang menghasilkan >70% yaitu 80% 3 orang peserta didik, dan 90% 5 orang peserta didik. Kata Kunci: Paikem, Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 19 Jan 2025 09:10
Last Modified: 19 Jan 2025 09:10
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4087

Actions (login required)

View Item View Item