Tappi', Debora (2018) Analisis Ketidaksiplinan Peserta Didik di SMP Negeri 1 Rantepao. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
![]() |
Text
debora_hd.doc Download (196kB) |
![]() |
Text
debora_kp.doc Download (93kB) |
![]() |
Text
debora_bab_1.doc Download (336kB) |
![]() |
Text
debora_bab_2.doc Download (941kB) |
![]() |
Text
debora_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (74kB) | Request a copy |
![]() |
Text
debora_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (171kB) | Request a copy |
![]() |
Text
debora_bab_5.doc Download (24kB) |
![]() |
Text
debora_dp.doc Download (21kB) |
![]() |
Text
debora_cv.doc Download (32kB) |
Abstract
Dalam penelitian ini penulis mengkaji tentang pentingnya sikap disiplin pada diri seseorang, terutama anak selaku peserta didik. Hal ini berangkat dari kenyataan bahwa peserta didik di SMP Negeri 1 Rantepao masih kurang disiplin. Disiplin adalah sikap seseorang yang menyadari tugas dan tanggungjawabnya, dan mau melaksanakannya tanpa ada paksaan dari pihak lain. Sikap disiplin pada diri anak selaku peserta didik, harus dibentuk sejak dini oleh orang tua dan guru. Terbentuknya karakter anak dipengaruhi oleh adanya faktor internal dan eksternal. Dalam merampungkan tulisan ini, metode penulisan yang digunakan penulis yakni metode penelitian kualitatif dengan menggunakan observasi dan wawancara dengan teknis pengolahan data melalui reduksi data dan interpretasi data. Jumlah informan yang diteliti adalah empat orang peserta didik dan tiga orang guru. Informan ini dianggap valid, karena merekalah yang tekait langsung dengan masalah kedisiplinan. Hasil penelitian membuktikan bahwa, beberapa peserta didik di SMP Negeri 1 Rantepao belum dapat dikatakan disiplin. Adapun hal tersebut dipengaruhi oleh faktor internal yakni kurangnya motivasi dari diri peserta didik dan faktor eksternal seperti kurangnya perhatian dari orang tua berupa bimbingan dan arahan di rumah. Dalam upaya mendisiplinkan anak selaku peserta didik, pendidikan yang diberikan tidak cukup hanya di sekolah saja. Melainkan anak juga harus dididik dan dibimbing di rumah. Dengan kata lain orang tua dan pihak guru, haruslah bekeija sama dalam membentuk karakter anak melalui pendidikan formal maupun non formal.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 18 Jan 2025 06:21 |
Last Modified: | 18 Jan 2025 06:21 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4086 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |