Bara', Jeni (2013) Strategi Guru dalam Mengembangkan Sembilan Kecerdasan Manusia Menurut Howard Gardner di SMP Negeri 1 Rantepao. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.
![]() |
Text
jeni_hd.doc Download (209kB) |
![]() |
Text
jeni_kp.doc Download (62kB) |
![]() |
Text
jeni_bab_1.doc Download (108kB) |
![]() |
Text
jeni_bab_2.doc Download (552kB) |
![]() |
Text
jeni_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (58kB) | Request a copy |
![]() |
Text
jeni_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (297kB) | Request a copy |
![]() |
Text
jeni_bab_5.doc Download (19kB) |
![]() |
Text
jeni_dp.doc Download (38kB) |
![]() |
Text
jeni_cv.doc Download (20kB) |
Abstract
Jeni Bara’ (20082736), dengan judul skripsi Strategi Guru dalam Mengembangkan Sembilan Kecerdasan Manusia menurut Howard Gardner di SMP Negeri 1 Rantepao Rumusan masalah yang hendak dibahas dalam tulisan ini ialah bagaimana strategi guru dalam mengembangkan sembilan kecerdasan manusia menurut Howard Gardner di SMP Negeri 1 Rantepao. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam mengembangkan sembilan kecerdasan manusia menurut Howard Gardner di SMP Negeri 1 Rantepao dengan melihat masalah yang ada bahwa masih ada anak didik yang tingkat kecerdasannya rendah yang dapat dilihat dari perolehan nilai yang masih di bawah nilai standar yaitu 75. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif melalui observasi dan wawancara dengan maksud agar penulis dapat melakukan penelitian langsung di lapangan mengenai strategi guru dalam mengembangkan sembilan kecerdasan manusia menurut Howard Gardner. Guru-guru di SMP Negeri 1 Rantepao sudah mengetahui bahwa setiap anak didik memiliki kecerdasan masing-masing dan mereka sudah berusaha untuk mengembangkannya akan tetapi strategi yang digunakan belum maksimal. Sebagian besar guru tidak menjadikan perkembangan anak (Fisik, Emosi, Kognitif dan Sosial) menjadi acuan dalam memberikan pengajaran, walupun itu adalah hal yang sangat penting dan juga mereka terfokus hanya pada metode ceramah, tanya jawab dan diskusi karena berbagai faktor seperti rasa capek ketika seorang guru harus mengerjakan berbagai pekerjaan sehingga tidak ada waktu untuk mengatur strategi pembelajaran dan juga terkadang guru merasa jenuh mengemban rutinitas mengajar setiap hari. Selain faktor dari dalam ada juga faktor yang berasal dari luar yang paling berpengaruh yaitu jumlah siswa di dalam kelas yang terlalu banyak, hal tersebut membuat guru menjadi kewalahan dalam memberikan pengajaran sehingga hanya menggunakan metode yang sama secara terus menerus. Tidak dapat dipungkiri bahwa faktor dari lingkungan seperti pergaulan dan rasa tidak percaya diri dapat juga menyebabkan anak didik malas untuk belajar. Dari hasil penelitian ini, maka disimpulkan bahwa strategi pembelajaran yang menarik sangat berperan dalam mengembangkan kecerdasan anak didik sehingga guru-guru di SMP Negeri 1 Rantepao harus berupaya mengatur strategi yang tepat sehingga anak dapat termotivasi untuk mengembangkan kecerdasannya secara maksimal.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 13 Jan 2025 08:55 |
Last Modified: | 13 Jan 2025 08:55 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4004 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |