Analisis Penerapan Kurikulum Holistik Integratif dalam Meningkatkan Rasa Empati Anak Usia 9-11 Tahun di PPA ID0852 Kharisma Betlehem Desa Baramamase

Bulan, Yelsi Embong (2023) Analisis Penerapan Kurikulum Holistik Integratif dalam Meningkatkan Rasa Empati Anak Usia 9-11 Tahun di PPA ID0852 Kharisma Betlehem Desa Baramamase. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
yelsi_similarity_index.pdf

Download (446kB)
[img] Text
yelsi_kp.docx

Download (9kB)
[img] Text
yelsi_bab_1.docx

Download (13kB)
[img] Text
yelsi_bab_2.docx

Download (20kB)
[img] Text
yelsi_bab_3.docx
Restricted to Repository staff only

Download (15kB) | Request a copy
[img] Text
yelsi_bab_4.docx
Restricted to Repository staff only

Download (13kB) | Request a copy
[img] Text
yelsi_bab_5.pdf

Download (312kB)
[img] Text
yelsi_dp.pdf

Download (432kB)

Abstract

Yelsi Embong Bulan, 1020196892. “Analisis Penerapan Kurikulum Holistik Integratif Dalam Meningkatkan Rasa Empati Anak Usia 9-11 Tahun Di PPA ID0852 Kharisma Betlehem Desa Baramamase.” Dibimbing oleh Yanni Paembonan, M.Pd.K. dan Selia Dwi Kurnia, M.Pd.Tulisan ini dilatar belakangi oleh kurangnya rasa empati pada anak usia 9-11 tahun di PPA ID0852 Kharisma Betlehem Desa Baramamase. Tujuan dari penelitian in ialah untuk mengetahui penerapan kurikulum holistik integratif dalam meningkatkan rasa empati anak Usia 9-11 Tahun Di PPA ID0852 Kharisma Betlehem Desa Baramamase. Metode penelitian yang digunakan pada skripsi ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian sosial yakni studi kasus. Adapun hasil yang ditemukan dalam penerapan kurikulum holistik integratif dalam mengembangkan rasa empati anak usia 9-11 tahun di PPA ID0852 Kharisma Betlehem Desa Baramamase dilakukan dengan cara mengaplikasikan empat aspek, yakni aspek spiritual, intelektual, fisik-motorik dan sosio-emosional ke dalam tiga tahap kegiatan pembelajaran, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup, dan peningkatan rasa empati pada anak dilakukan dengan melibatkan anak dalam kegiatan berkelompok, serta menjadikan pendidik sebagai teladan untuk menunjukkan contoh sikap empati dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Kurikulum Holistik Integratif, Empati, Pusat Pengembangan Anak.

Item Type: Thesis (Scholar)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Holistik Integratif, Empati, Pusat Pengembangan Anak.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: mahasiswa mahasiswa
Date Deposited: 25 Feb 2024 15:07
Last Modified: 30 Jul 2024 09:35
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/397

Actions (login required)

View Item View Item