Tonglo, Mika (2015) Peranan Kompetensi Kepribadian Guru PAK dalam Motivasi Belajar Siswa Kelas 7-8 di SMP PGRI Buntudatu. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
mika_hd.doc Download (214kB) |
|
Text
mika_kp.doc Download (89kB) |
|
Text
mika_bab_1.doc Download (100kB) |
|
Text
mika_bab_2.doc Download (730kB) |
|
Text
mika_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (124kB) | Request a copy |
|
Text
mika_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (71kB) | Request a copy |
|
Text
mika_bab_5.doc Download (17kB) |
|
Text
mika_dp.doc Download (40kB) |
|
Text
mika_lp.doc Download (148kB) |
|
Text
mika_cv.doc Download (38kB) |
Abstract
Mika Tonglo Jurusan: Pendidikan Agama Kristen (20113224) “Peranan kompetensi kepribadian guru pendidikan agama kristen dalam motivasi belajar siswa kelas 7-8 di SMP PGRI Buntudatu” Alfrida L. Membala, M.Pd. K sebagai pembimbing 1 dan Pdt. Dr. Abraham Sere Tanggulungan M. Si sebagai pembimbing Selain sebagai pendidik, guru juga berperan sebagai motivasi dalam belajar siswa. Secara khusus dalam peranan kompetensi kepribadian guru PAK memperhatikan pribadinya sebagai sosok yang memberi pertolongan kepada siswa. Pribadi guru yang ditunjukkan melalui tindakan dan cara guru dalam membimbing siswa akan menimbulkan penilaian dari siswa tentang guru tersebut. Dalam penilaian tersebut siswa akhirnya memiliki guru yang diidolakan dan tidak terlupakan oleh siswa tetapi ada pula guru menjadi sosok yang menakutkan bagi siswa. Guru mesti dapat memberi peranan yang positif kepada siswa lewat kompetensi kepribadiannya dalam mengajar, hal ini akan menciptakan kedekatan antara guru dan siswa. Dan jika diperhadapkan dengan permasalahan, siswa tidak segan untuk bertanya dan mencari penyelesaian bersama dengan guru dari persoalan yang dihadapinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatifyang menggunakan dan pengumpulan data melalui pengamatan langsung (observasi) dan wawancara. Sedangkan untuk menyusun kerangka pustaka penulis menggunakan study pustaka melalui buku-buku referensi. Dan respondennya ialah satu guru dan empat siswa di sekolah SMP PGRJ Buntudatu. Hasil yang didapatkan dari penelitian mengenai peranan kompetensi kepribadian guru PAK dalam motivasi belajar siswa adalah belum optimal, walaupun guru memahami kompetensi kepribadian bahkan mengerti cara penerapannya dalam proses belajar tetapi kenyataan di lapangan hal ini masih kurang dilakukan, sehingga menciptakan kondisi belajar belum merasa nyaman bagi siswa juga menciptakan kebosanan bagi para siswa dalam mengikuti pelajaran.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 03 Jan 2025 18:43 |
Last Modified: | 03 Jan 2025 18:43 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3891 |
Actions (login required)
View Item |