Bora, Ferlin (2011) Tunalaras: suatu Tinjauan Teologis Praktis tentang Peran Guru di SMA Pelita Rantepao Kelas XI dalam Proses Belajar Anak Tunalaras. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
ferlin_hd.doc Download (167kB) |
|
Text
ferlin_kp.doc Download (55kB) |
|
Text
ferlin_bab_1.doc Download (59kB) |
|
Text
ferlin_bab_2.doc Download (293kB) |
|
Text
ferlin_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (107kB) | Request a copy |
|
Text
ferlin_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (88kB) | Request a copy |
|
Text
ferlin_bab_5.doc Download (11kB) |
|
Text
ferlin_dp.doc Download (23kB) |
|
Text
ferlin_cv.doc Download (20kB) |
Abstract
Ferlin Bora, Judul: “TUNALARAS”, Suatu Tinjauan Teologis Praktis Tentang Peran Guru di SMA Pelita Rantepao Kelas XI Dalam Proses Belajar Anak Tunalaras. Dibimbing oleh Pdt. Arsiati Kabangnga’, M.th selaku dosen pembimbing I dan Samuel Tokam, S.Th selaku dosen pembimbing II. Manusia merupakan ciptaan Allah yang sangat mulia, segambar dan serupa dengan-Nya. Hanya saja kemudian ada manusia yang diciptakan abnormal sehingga memerlukan pelayanan khusus termasuk anak tunalaras. Tunalaras adalah anak yang mengalami gangguan prilaku baik itu dalam mengendalikan emosi dan dalam hubungan sosial. Akan tetapi anak tunalaras bukanlah momok yang harus dikucilkan dari masyarakat, bahkan mereka harus mendapatkan perhatian yang lebih khusus dan pendidikan yang layak seperti anak normal lainnya. Dari hal ini ternyata bahwa peran orang-orang yang ada di sekitar anak tunalaras, termasuk guru yang mengajar di sekolah merupakan salah satu penentu keberhasilan belajar anak tunalaras. Penelitian yang digunakan oleh penulis dalam mengkaji masalah ini adalah sebuah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif, yaitu menyajikan data sesuai dengan fakta atau kenyataan yang ada di lapangan penelitian. Metode penulisan yang digunakan adalah studi kepustakaan, observasi dan wawancara. Dan yang menjadi narasumber dalam penelitian ini adalah 9 orang guru yang mengajar di kelas XI di SMA Pelita Rantepao. Dengan menggunakan penelitian tersebut, penulis menemukan bahwa peran guru di SMA Pelita Rantepao dalam proses belajar anak tunalaras sudah dilakukan dengan baik hanya saja guru harus lebih menambah pengetahuan tentang bagaimana sikap, tindakan dan pelayanan dalam menghadapi anak tunalaras.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 01 Jan 2025 14:26 |
Last Modified: | 01 Jan 2025 14:26 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3874 |
Actions (login required)
View Item |