Peran Kreativitas Guru dan Prestasi Belajar: Kajian Studi Praktis tentang Pengaruh Kreativitas Guru terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik kelas V SDN 293 Inpres Mebali Kecamatan Gandangbatu Sillanan Kabupaten Tana Toraja

Lisa, Elisabet (2014) Peran Kreativitas Guru dan Prestasi Belajar: Kajian Studi Praktis tentang Pengaruh Kreativitas Guru terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik kelas V SDN 293 Inpres Mebali Kecamatan Gandangbatu Sillanan Kabupaten Tana Toraja. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
elisabet_hd.doc

Download (134kB)
[img] Text
elisabet_kp.doc

Download (86kB)
[img] Text
elisabet_bab_1.doc

Download (66kB)
[img] Text
elisabet_bab_2.doc

Download (298kB)
[img] Text
elisabet_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text
elisabet_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text
elisabet_bab_5.doc

Download (20kB)
[img] Text
elisabet_dp.doc

Download (23kB)
[img] Text
elisabet_lp.doc

Download (3MB)
[img] Text
elisabet_cv.doc

Download (52kB)

Abstract

ELISABET LISA, 20103001, Tahun 2014, menyusun skripsi dengan judul: PERAN KREATIVITAS GURU DAN PRESTASI BELAJAR. Kajian Studi Praktis Tentang Pengaruh Kreativitas Guru terhadap Peningkatan Prestasi Belajar peserta didik kelas V SDN 293 Inpres Mebali Kecamatan Gandangbatu Sillanan Kabupaten Tana Toraja. Pemilihan topik ini dilatarbelakangi oleh hasil pengalaman peneliti melalui pengamatan peneliti selama peneliti melakukan praktek pengenalan lapangan (PPL). Dalam proses belajar mengajar tokoh utama yang sangat berperan penting ialah guru, peran guru tidak hanya untuk mendidik dan memberi pengetahuan tetapi juga dalam hal pengembangan kreativitas guru dalam proses belajar mengajar. Berdasarkan hal ini maka penulis tertarik ingin mengetahui bagaimana pengaruh kreativitas guru terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik kelas V SDN 293 Inpres Mebali Kecamatan Gandangbatu Sillanan Kabupaten Tana Toraja. Untuk mendapatkan data sehubungan dengan topik ini, peneliti melaksanakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan cara membagikan angket kepada peserta didik. Adapun objek penelitian akan topik ini adalah pesera didik SDN 293 Inpres Mebali Kecamatan Gandangbatu Sillanan Kabupaten Tana Toraja dikelas V yang beijumlah 30 orang. Hasil observasi (pengamatan) dan analisis data yang diperoleh dengan bantuan Statistical Product and Service Solution (SPSS) Vr. 20 memberikan gambaran bahwa peran kreativitas guru berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik di SDN 293 Inpres Mebali Kecamatan Gandangbatu Sillanan Kabupaten Tana Toraja. Koefisien yang diperoleh adalah 0,210 yang artinya pengaruh kreativitas guru terhadap peningkatan prestasi belajar siswa rendah. Itu berarti bahwa kreativitas guru tersebut tidak berpengaruh kuat terhadap prestasi belajar siswa dan berada pada kategori cukup. Oleh karena itu guru di SDN 293 Inpres Mebali Kecamatan Gandangbatu Sillanan harus memperhatikan kreativitas dalam pembelajaran sehingga prestasi belajar peserta didik pun dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 01 Jan 2025 06:46
Last Modified: 01 Jan 2025 06:46
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3869

Actions (login required)

View Item View Item