Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Kelas X di SMK Pembangunan YP Makale

Mallawa, Herlina Arrang (2014) Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Kelas X di SMK Pembangunan YP Makale. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
herlina_hd.doc

Download (159kB)
[img] Text
herlina_kp.doc

Download (73kB)
[img] Text
herlina_bab_1.doc

Download (47kB)
[img] Text
herlina_bab_2.doc

Download (550kB)
[img] Text
herlina_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (151kB) | Request a copy
[img] Text
herlina_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (69kB) | Request a copy
[img] Text
herlina_bab_5.doc

Download (17kB)
[img] Text
herlina_dp.doc

Download (21kB)
[img] Text
herlina_lp.doc

Download (519kB)

Abstract

HERLINA ARRANG MALLAWA; (20103019) tahun 2014, dengan judul skripsi Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kriten Kelas X Di SMK Pembanguna YP Makale. Guru adalah orang yang dapat mengajar atau memberi pengetahuan dan mendidik orang lain melalui pengajaran, bimbingan, keteladanan, dan dorongan untuk terus maju menuju kedewasaan. Peranan guru tidak hanya untuk mengajar tetapi juga mendidik. Tugas guru tidak hanya semata-mata memindahkan pengetahuan yang ia miliki tetapi juga berkewajiban untuk membimbing dan mengarahkan anak didik agar motivasi belajarnya ada dan semakin meningkat untuk mencapai tujuan dari pembelajaran yang dicanangkan. Keberhasilan pendidikan dalam proses pembelajaran itu banyak ditentukan pada kemampuan guru dalam mengelolah pembelajaran di sekolah. Dari alasan di atas maka penulis melakukan penelitian di SMK Pembangunan YP Makale memakai pendekatan kualitatif, yakni dengan teknik observasi dan wawancara terhadap peserta didik dan guru. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen Kelas X Di SMK Pembangunan YP Makale. Dari hasil penelitian di SMK Pembangunan YP Makale menunjukkan bahwa peranan gurulah yang menentukan ketercapaian pembelajaran di sekolah khususnya pada mata pelajaran PAK agar motivasi belajar peserta didik ada dan bahkan di tingkatkan. Dari hasil penelitian bahwa guru PAK di SMK Pembanguan YP Makale sudah memainkan perannya tetapi belum maksimal untuk itu perluh ditingkatkan dalam mencapai tujuan yakni membimbing peserta didik menuju kedewasaan.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 30 Dec 2024 14:34
Last Modified: 30 Dec 2024 14:34
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3838

Actions (login required)

View Item View Item