Dampak Perilaku Guru dalam Mengajar bagi Motivasi Belajar Siswa Kelas VII di SMPN 1 Kesu

Melisa, Juniati (2015) Dampak Perilaku Guru dalam Mengajar bagi Motivasi Belajar Siswa Kelas VII di SMPN 1 Kesu. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
juniati_hd.doc

Download (138kB)
[img] Text
juniati_kp.doc

Download (138kB)
[img] Text
juniati_bab_1.doc

Download (86kB)
[img] Text
juniati_bab_2.doc

Download (252kB)
[img] Text
juniati_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (60kB) | Request a copy
[img] Text
juniati_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (47kB) | Request a copy
[img] Text
juniati_bab_5.doc

Download (16kB)
[img] Text
juniati_dp.doc

Download (20kB)
[img] Text
juniati_cv.doc

Download (33kB)

Abstract

JUNIATI MELISA, 20113199 menyusun skripsi dengan judul “Dampak Perilaku Guru Bagi Motivasi Belajar Siswa Kelas VII. 1 dan VII.3 di SMPN 1 Kesu”. Menjadi seorang guru merupakan hal yang tidak mudah dilakukan oleh semua orang karena hal demikian adalah pekerjaan yang membutuhkan kesabaran dan menuntut untuk terlihat sempurna di depan peserta didik dan bahkan seluruh masyarakat sosial dan harus mampu menimbulkan motivasi yang besar bagi peserta didik sehingga pembelajaran bisa efektif. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif yakni pengumpulan data dengan observasi, dan wawancara. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa perilaku guru merupakan keteladanan bagi siswa yang ada di SMPN 1 Kesu’ mulai dari tutur kata bahkan tindakan mereka sangat memberikan motivasi bagi peserta didik untuk semangat dalam mengikuti proses belajar mengajar. Adapun yang dimaksud di sini ialah komunikasi yang baik dari seorang guru, disiplin yang diterapkan guru juga merupakan alasan untuk tetap semangat dalam belajar, juga cara guru berpenampilan sangat mendukung mereka untuk termotivasi dalam belajar karena melihat guru yang sopan dan rapi. Hal tersebut terjadi karena kesadaran dari seorang guru untuk menjadi publik figur dalam lingkungan pendidikan dengan tujuan membawa peserta didik ke arah yang lebih baik. Di akhir skripsi ini penulis menyimpulkan bahwa perilaku guru yang ada sudah menjadi teladan bagi para peserta didik, mampu memberikan motivasi yang baik bagi peserta didik dan mampu memperlihatkan jati diri seorang guru dengan kemampuan dalam mendisiplinkan dirinya dan juga peserta didik, mampu berkomunikasi dengan baik untuk peserta didik juga mampu memperlihatkan cara penampilan dan berpakaian yang rapi dan sopan sehingga hal demikian tercipta suasana pendidikan yang nyaman dan menjadikan guru yang didambakan oleh seluruh peserta didik.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 20 Dec 2024 10:28
Last Modified: 20 Dec 2024 10:28
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3777

Actions (login required)

View Item View Item