Media Pembelajaran: Pemanfaatan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri 4 Buntao’ dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen

Pakankan, Anita (2013) Media Pembelajaran: Pemanfaatan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri 4 Buntao’ dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
anita_hd.doc

Download (177kB)
[img] Text
anita_kp.doc

Download (63kB)
[img] Text
anita_bab_1.doc

Download (103kB)
[img] Text
anita_bab_2.doc

Download (307kB)
[img] Text
anita_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text
anita_bab_5.doc
Restricted to Repository staff only

Download (14kB) | Request a copy
[img] Text
anita_dp.doc

Download (21kB)
[img] Text
anita_cv.doc

Download (32kB)

Abstract

Anita Pakankan, 2013. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Negeri 4 Buntao’ Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen”. (Dibimbing oleh: Dr. Selvianti, M.Th dan Sanda Mongan, M.Pd.K) Tujuan penelitian ini adalah mengetahui aktivitas siswa melalui pemanfaatan media pembelajaran dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Sebelum terjun ke lapangan untuk memperoleh data, penulis mengawali penelitian ini dengan melakukan studi kepustakaan yaitu penulis mengambil teori dari buku-buku yang ada kaitannya dengan topik kajian. Pengumpulan data dari lapangan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data yang diperoleh diolah selanjutnya dianalisis dengan tekhnik analisis data model Miles & Huberman, yang terdiri atas tiga tahapan yaitu reduksi, display dan verification. Media pembelajaran adalah alat dan bahan yang digunakan dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran hendaknya difungsikan dalam proses belajar mengajar. Tentunya dalam pemanfaatannya harus berdasarkan materi yang akan disampaikan kepada siswa. Media pembelajaran sangat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran dan mempengaruhi aktivitas belajar siswa. Setelah penulis melakukan penelitian di lapangan, ternyata pemanfaatan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar memberikan pengaruh yang positif terhadap aktivitas belajar siswa. Hal tersebut terjadi karena dengan menggunakan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar, siswa termotivasi untuk belajar, sehingga siswa lebih cepat memahami dan mengingat materi yang diajarkan.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 19 Dec 2024 09:45
Last Modified: 19 Dec 2024 09:45
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3754

Actions (login required)

View Item View Item