Pendidikan Agama Kristen: Model Pembelajaran PAKEM dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SD Negeri 1 Longori Kelas V pada Mata Pelajaran PAK

Rapiah, Rut (2015) Pendidikan Agama Kristen: Model Pembelajaran PAKEM dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SD Negeri 1 Longori Kelas V pada Mata Pelajaran PAK. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
rut_hd.doc

Download (213kB)
[img] Text
rut_kp.doc

Download (51kB)
[img] Text
rut_bab_1.doc

Download (100kB)
[img] Text
rut_bab_2.doc

Download (222kB)
[img] Text
rut_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (79kB) | Request a copy
[img] Text
rut_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text
rut_bab_5.doc

Download (8kB)
[img] Text
rut_dp.doc

Download (11kB)
[img] Text
rut_cv.doc

Download (6kB)

Abstract

Rut Rapia (Nirm 20123565) Mengangkat Judul “Model Pembelajaran PAKEM dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD Nergeri 1 Longori pada mata pelajaran PAK”. Penelitian ini berangkat dari latar belakang perlunya dilakukan pembaharuan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam kegiatan pembelajaran materi pelajaran tidak kontekstual dan kinerja siswa rendah, baik pada proses maupun produk belajarnya. Sebagian besar guru masih melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran tradisional. Keadaan tersebut potensial menimbulkan kejemuhan, kebosanan, serta menurunkan minat dan motivasi belajar siswa. Berdasarkan uraian permasalahan di atas, melalui penelitian ini diharapkan guru mampu memainkan peran sebagai inovator pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mendapatkan data dan analisisnya melalui kajian-kajian reflektif. Pengembangan program didasarkan pada data-data dan informasi dari siswa, guru dan setting sosial kelas secara alamiah melalui tiga tahapan siklus penelitian tindakan kelas. Untuk meningkatkan hasil belajar dan aktifitas siswa dalam pembelajaran PAK dilakukan PTK dengan menggunakan pembelajaran PAKEM. Penelitian ini di SD Negeri 1 Longori dengan tiga siklus. Dalam siklus pertama siswa terlihat belum terbiasa dengan metode PAKEM. Dalam sislus kedua siswa dan guru (Kolabolator) sudah mulai memahami implementasi pembelajaran PAKEM, dan menunjukkan hasil yang cukup. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi terhadap guru dan siswa mulai terbiasa menciptakan suasana pembelajaran yang mengarah pada pendekatan pembelajaran PAKEM.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 18 Dec 2024 14:00
Last Modified: 18 Dec 2024 14:00
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3728

Actions (login required)

View Item View Item