Efektifitas Penggunaan Alat Gambar dalam Berceritera: suatu Tinjauan Teologis Praktis tentang Efektivitas Penggunaan Gambar sebagai Alat Peraga dalam Metode Bercerita bagi Anak Sekolah Minggu Usia 9-12 Tahun di Gereja Toraja Jemaat Pangleon, Klasis Rembon Sado’ko’

Sangbara', Agustina Toding (2015) Efektifitas Penggunaan Alat Gambar dalam Berceritera: suatu Tinjauan Teologis Praktis tentang Efektivitas Penggunaan Gambar sebagai Alat Peraga dalam Metode Bercerita bagi Anak Sekolah Minggu Usia 9-12 Tahun di Gereja Toraja Jemaat Pangleon, Klasis Rembon Sado’ko’. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
agustina_hd.doc

Download (194kB)
[img] Text
agustina_kp.doc

Download (96kB)
[img] Text
agustina_bab_1.doc

Download (97kB)
[img] Text
agustina_bab_2.doc

Download (464kB)
[img] Text
agustina_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (89kB) | Request a copy
[img] Text
agustina_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text
agustina_bab_5.doc

Download (56kB)
[img] Text
agustina_dp.doc

Download (30kB)
[img] Text
agustina_lp.doc

Download (136kB)
[img] Text
agustina_cv.doc

Download (33kB)

Abstract

Agustina Toding Sangbara’, Nirm: 20113151, menyusun skripsi dengan judul: Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Gambar Dalam Bercerita. Sub judul: “Suatu Tinjauan Teologis Praktis tentang Efektivitas Penggunaan Gambar sebagai Alat Peraga dalam Metode Bercerita bagi Anak Sekolah Minggu Usia 9-12 Tahun di Gereja Toraja Jemaat Pangleon, Klasis Rembon Sado’ko’”. Judul ini diangkat untuk mendeskripsikan Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Gambar dalam Bercerita bagi Anak Sekolah Minggu Usia 9-12 Tahun di Gereja Toraja Jemaat Pangleon, Klasis Rembon Sado’ko’. Dalam bercerita bagi anak Sekolah Minggu banyak jenis alat peraga yang digunakan misalnya alat peraga audiotif yaitu alat peraga yang hanya mengandalkan kemampuan suara saja namun penulis secara khusus mengkaji alat peraga dengan menggunakan gambar dalam bercerita. Guru sekolah Minggu di Jemaat Pangleon, dalam mengajar belum maksimal memakai alat peraga visual khususnya jenis alat peraga gambar saat menceritakan bagian Alkitab, karena yang sering digunakan adalah menceritakan bagian Alkitab tanpa menggunakan alat peraga gambar. Hal ini penting diteliti karena pada saat guru Sekolah Minggu bercerita, anak Sekolah Minggu saling mengganggu, keluar masuk dalam kelas saat beribadah. Metode penelitian yang digunakan dalam meneliti masalah ini adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui studi pustaka, yaitu meneliti buku-buku untuk memperoleh informasi dari berbagai bahan bacaan dan tulisan-tulisan ilmiah yang berhubungan dengan topik yang dibahas kemudian penelitian lapangan, yaitu penulis langsung ke lapangan memantau apa yang terjadi untuk mengumpulkan data melalui teknik observasi dan wawancara dengan narasumber. Berdasarkan hasil penelitian melalui observasi dan wawancara, maka penulis menemukan bahwa guru Sekolah Minggu sudah memahami efektivitas penggunaan alat peraga gambar, namun saat bercerita belum sepenuhnya diterapkan dengan baik sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai secara efektif.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 18 Dec 2024 08:40
Last Modified: 18 Dec 2024 08:40
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3724

Actions (login required)

View Item View Item