Randa, Yunita Pai'pinan (2015) PAKEM dalam PAK: Pengaruh Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik kelas X dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) di SMA Kristen Barana’ Rantepao. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
yunita_hd.doc Download (196kB) |
|
Text
yunita_kp.doc Download (73kB) |
|
Text
yunita_bab_1.doc Download (93kB) |
|
Text
yunita_bab_2.doc Download (549kB) |
|
Text
yunita_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
yunita_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (256kB) | Request a copy |
|
Text
yunita_bab_5.doc Download (17kB) |
|
Text
yunita_dp.doc Download (34kB) |
|
Text
yunita_lp.doc Download (3MB) |
|
Text
yunita_lp2.doc Download (945kB) |
|
Text
yunita_cv.doc Download (41kB) |
Abstract
YUNITA PAI’PINAN RANDA. NIRM 20113292. Tahun 2015. Menyusun skripsi dengan Judul : PAKEM Dalam PAK, dengan sub judul “Pengaruh Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik kelas X Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) di SMA Kristen Barana’ Rantepao”. Dosen pembimbing Yan Malino, S.Th.,M.Pd.K sebagai pembimbing 1. dan Pdt.Drs. Daud Sangka’, M.Si sebagai pembimbing 2. Penulis melaksanakan penelitian di SMA Kristen Barana’ Rantepao dan peserta didik sebagai responden. Judul ini dipilih oleh penulis karena keprihatinan terhadap realita yang terjadi dalam proses pembelajaran membuat peserta didik menjadi bosan, mengantuk khusus dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen,dan akhirnya prestasi belajar peserta didik menurun dari segi kognitif, afektif, dan psikomotoriknya, guru agama lebih banyak berperan aktif di dalam pembelajaran dibandingkan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk juga berperan dalam pembelajaran, kurangnya metode pembelajaran yang dilakukan dan guru agama yang tidak dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan di SMA Kristen Barana’ Rantepao. Dengan demikian, penulis mulai menerapkan PAKEM dalam proses pembelajaran kepada peserta didik kelas X di SMA Kristen Barana’ Rantepao. Untuk mengetahui pengaruh PAKEM terhadap prestasi belajar peserta didik maka penulis melakukan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan tehnik pengumpulan data observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PAKEM benar-benar dapat memengaruhi prestasi belajar peserta didik. Dengan PAKEM maka dapat membuat peserta didik mengetahui lebih cepat pelajaran, nyaman, dan membuat peserta didik lebih banyak berperan aktif dalam pembelajaran. Melihat hasil di atas maka seharusnya bagi guru-guru agama untuk dapat menjalankan tugasnya dengan baik, bukan hanya asal mengajar sehingga yang menjadi korban adalah peserta didik dan seharusnya dalam proses pembelajaran, guru agama dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan atau dengan menggunakan PAKEM.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 18 Dec 2024 05:19 |
Last Modified: | 18 Dec 2024 05:19 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3718 |
Actions (login required)
View Item |