Studi Pedagogis tentang Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai Sarana Pembelajaran PAK bagi Siswa di SMK Kristen Sangalla Kecamatan Sangalla

Buranna, Intanniati (2018) Studi Pedagogis tentang Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai Sarana Pembelajaran PAK bagi Siswa di SMK Kristen Sangalla Kecamatan Sangalla. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
intanniati_hd.doc

Download (146kB)
[img] Text
intanniati_kp.doc

Download (56kB)
[img] Text
intanniati_bab_1.doc

Download (55kB)
[img] Text
intanniati_bab_2.doc

Download (196kB)
[img] Text
intanniati_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (78kB) | Request a copy
[img] Text
intanniati_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (98kB) | Request a copy
[img] Text
intanniati_bab_5.doc

Download (8kB)
[img] Text
intanniati_dp.doc

Download (20kB)
[img] Text
intanniati_lp.doc

Download (159kB)
[img] Text
intanniati_cv.doc

Download (48kB)

Abstract

Intanniati Buranna, 1020143849, Tahun 2018, menyusun skripsi dengan judul “Studi pedagogis tentang pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sarana pembelajaran PAK bagi siswa di SMK Kristen Sangalla’ Kecamatan Sangalla’. Tujuan penelitian ini untuk menguraikan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sarana pembelajaran PAK bagi siswa di SMK Kristen Sangalla’. Dibimbing oleh Yan Malino, S.Th, M.Pd.K dan Feky Markus, M.Th. Pemanfaatan lingkungan merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang berusaha untuk meningkatkan keterlibatan peserta didik melalui pendayagunaan lingkungan sebagai sarana pembelajaran. Pendekatan ini berasumsi bahwa kegiatan pembelajaran akan menarik perhatian peserta didik jika apa yang dipelajari diangkat dari lingkungan, sehingga apa yang dipelajari berhubungan dengan kehidupan dan berfaidah bagi lingkungannya. Lingkungan sekolah merupakan suatu sarana belajar yang penting dan perlu ada dalam sebuah sekolah. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan menggunakan studi pustaka, observasi, dan wawancara. Dari hasil penelitian membuktikan bahwa pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sarana pembelajaran PAK bagi siswa di SMK Kristen Sangalla sudah dilaksanakan. Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sarana pembelajaran dilakukan dengan cara membawa siswa ke luar kelas yaitu ke halaman sekolah dan juga dilaksanakan dengan cara membawa sarana atau fasilitas dari lingkungan kedalam ruang kelas.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 17 Dec 2024 18:40
Last Modified: 17 Dec 2024 18:40
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3714

Actions (login required)

View Item View Item