Palinggi', Margareta (2011) Keaktivan Anak dan Prestasi Belajar: suatu Kajian Teologis tentang Keaktifan Anak dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Hubungannya dengan Prestasi Belajar Peserta Didik di SDN 577 Pepabri-Palopo. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
margareta_hd.doc Download (104kB) |
|
Text
margareta_kp.doc Download (65kB) |
|
Text
margareta_bab_1.doc Download (55kB) |
|
Text
margareta_bab_2.doc Download (367kB) |
|
Text
margareta_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (429kB) | Request a copy |
|
Text
margareta_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (181kB) | Request a copy |
|
Text
margareta_bab_5.doc Download (18kB) |
|
Text
margareta_dp.doc Download (18kB) |
|
Text
margareta_cv.doc Download (6kB) |
Abstract
Margaretha Palinggi, KEAKTIVAN ANAK DAN PRESTASI BELAJAR, Suatu Kajian Teologis tentang Keaktivan anak dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Hubungannya dengan Prestasi Belajar Peserta Didik di SDN 577 Pepabri-Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktivan anak dalam mata pelajaran PAK, pandangan Alkitab tentang keaktivan dan prestasi belajar anak dan upaya untuk meningkatkan keaktivan anak dalam mata pelajaran PAK di SDN 577 Pepabri Palopo? Penelitian ini adalah sebuah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif, yaitu menyajikan data sesuai dengan fakta atau kenyataan yang ada di lapangan penelitian, dengan satuan analisis individual. Populasi adalah peserta didik yang beragama Kristen pada kelas IV dan kelas V dengan jumlah 52. Sampel yang ditarik secara acak sebanyak 26 orang atau 50% dari populasi. Teknik Pengumpulan data; Dokumentasi dan pengamatan. Teknik analisis adalah distribusi frekuensi dan analisis pengaruh. Dari hasil penelitian membuktikan bahwa peserta didik yang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran dan menyelesaikan tugas-tugas dalam mata pelajaran PAK pada umumnya memperoleh nilai prestasi yang tinggi dan tidak ada yang memperoleh nilai rendah, sendang peserta didik yang tidak aktif ternyata banyak yang memperoleh nilai prestasi rendah. Hipotesis Penelitian yang mengatakan: ”diduga ada hubungan antara keaktivan anak dalam mata pelajaran PAK dengan prestasi belajar peserta didik di SDN 577 Pepabri Palopo” dinyatakan diterima. Hasil penelitian disimpulkan bahwa ada hubungan atau korelasi positf antara keaktivan mengikuti proses pembelajaran PAK dengan prestasi belajar, karena semakin aktif peserta didik mengikuti proses pembelajaran PAK semakin tinggi pula prestasi belajar yang diperoleh dalam mata pelajaran PAK. Dengan demikian hipotesis penelitian diterima.Dengan demikian hipotesis dinyatakan diterima.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 10 Dec 2024 05:18 |
Last Modified: | 10 Dec 2024 05:18 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3567 |
Actions (login required)
View Item |