Pengaruh Implementasi Kurikulum Jurusan Pendidikan Agama Kristen (PAK) terhadap Kemampuan Mengajar Mahasiswa STAKN Toraja Angkatan 2009

Asrianti, Ika (2014) Pengaruh Implementasi Kurikulum Jurusan Pendidikan Agama Kristen (PAK) terhadap Kemampuan Mengajar Mahasiswa STAKN Toraja Angkatan 2009. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
ika_hd.doc

Download (170kB)
[img] Text
ika_kp.doc

Download (82kB)
[img] Text
ika_bab_1.doc

Download (108kB)
[img] Text
ika_bab_2.doc

Download (1MB)
[img] Text
ika_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
ika_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text
ika_bab_5.doc

Download (15kB)
[img] Text
ika_dp.doc

Download (25kB)
[img] Text
ika_lp.doc

Download (8MB)
[img] Text
ika_cv.doc

Download (99kB)

Abstract

Ika Asrianti (2014), menyususn skripsi dengan judul “Implementasi Kurikulum Jurusan Pendidikan Agama Kristen (PAK) terhadap kemampuan mengajar mahasiswa STAKN Toraja angkatan 2009”, yang diajukan kepada Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri (STAKN) Toraja. Pemilihan topik ini, dilatar belakangi oleh pengalaman penulis dengan melihat pengimplementasian isi kurikulum di STAKN Toraja yang masih kurang sehingga mahasiswa tidak terbekali dengan baik untuk menjadi seorang guru PAK yang memiliki kompetensi pedagogik atau yang disebut kemampuan mengajar. Sehubungan dengan hal tersebut, ketika penulis melakukan proses belajar mengajar, saat melaksanakan Praktek Pengenalan Lapangan (PPL) dan juga mengamati mahasiswa yang lain dalam mengajar penulis melihat bahwa, ternyata tidak semua mahasiswa STAKN Toraja mampu untuk mengajar PAK. Harusnya, mahasiswa sudah memiliki kemampuan mengajar apabila isi kurikulum yang memuat mata kulia yang banyak membekali mahasiswa untuk mengajar diimplementasikan dengan baik. Hal tersebutlah yang mendorong penulis untuk mengetahui bagaimana pengaruh implementasi kuurikulum jurusan PAK terhadap kemampuan mengajar mahasiswa STAKN Toraja Angkatan 2009. Untuk mendapatkan data senubungan dengan topik di atas maka penulis melaksanakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif atau dengan cara membagikan angket. Sebagai objek penelitian jumlah populasi sebanyak 44 orang yang juga dijadikan sebagai sampel penelitian. Hasil observasi dan analisis data yang diolah dengan bantuan Statistical Product and Service Solution (SPSS/V.20.0) memberikan gambaran bahwa Implementasi Kurikulum Jurusan PAK tidak berpengaruh signifikan terhadap Kemampuan Mengajar Mahasiswa STAKN Toraja Angkatan 2009. Semakin naik atau meningkat implementasi kurikulum jurusan PAK, maka semakin meningkat atau naik pula kompetensi pedagogik mahasiswa STAKN Toraja angkatan 2009.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 09 Dec 2024 09:50
Last Modified: 09 Dec 2024 09:50
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3543

Actions (login required)

View Item View Item