Joshua, Alsgarius (2019) Analisis Model Pembelajaran Sekolah Minggu Gereja Toraja Mamasa. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
alsgarius_skpp.doc Download (58kB) |
|
Text
alsgarius_hd.doc Download (146kB) |
|
Text
alsgarius_kp.doc Download (57kB) |
|
Text
alsgarius_bab_1.doc Download (73kB) |
|
Text
alsgarius_bab_2.doc Download (196kB) |
|
Text
alsgarius_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (176kB) | Request a copy |
|
Text
alsgarius_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (136kB) | Request a copy |
|
Text
alsgarius_bab_5.doc Download (16kB) |
|
Text
alsgarius_dp.doc Download (19kB) |
|
Text
alsgarius_lp.doc Download (15kB) |
|
Text
alsgarius_cv.doc Download (26kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis Model Pembelajaran Sekolah Minggu Gereja Toraja Mamasa” ini ditulis oleh Alsgarius Joshua, N1RM 1020154004. Dimana penulisan skripsi ini dibimbing oleh Bapak Syukur Matasak M.Th. dan Ibu Mery Toban S.Th., M.Pd.K. Kata kunci: model pembelajaran Sekolah Minggu Gereja Toraja Mamasa Penelitian dalam skripsi ini di latar belakangi oleh keberadaan Sekolah Minggu Gereja Toraja Mamasa yang belum mendapatkan perhatian yang cukup membuat pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru-guru Sekolah Minggu terkesan belum maksimal. Hal ini dikarenakan pembelajaran yang dilaksanakan di Sekolah Minggu Gereja Toraja Mamasa sekian lama belum memiliki kurikulum tersendiri sebagai perangkat pembelajaran yang menunjang keberhasilan pelayanan anak di Sekolah Minggu Gereja Toraja Mamasa. Penelitian skripsi ini difokuskan pada model pembelajaran Sekolah Minggu Gereja Toraja Mamasa. Penelitian ini menggunakan metode pendekatakan kualitatif yaitu melalui sumber-sumber terpercaya sebagai informan dalam penelitian. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan studi dokumen. Penelitian ini dilaksanakan di Badan Pekerja Majelis Sinode Gereja Toraja Mamasa dan jemaat-jemaat disekitar kota Mamasa. Letak lokasi penelitian ini cukup strategis sehingga membuat penulis tertarik untuk melaksanakan penelitian di sana. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengidentifikasi model pembelajaran Sekolah Minggu Gereja Toraja Mamasa. Hasil penelitian model pembelajaran Sekolah Minggu Gereja Toraja Mamasa menunjukkan bahwa 1) Sekolah Minggu Gereja Toraja Mamasa menggunakan dua model pembelajaran yang seadanya yakni model pembelajaran kontekstual dan model pembelajaran langsung. 2) Sekolah Minggu Gereja Toraja Mamasa belum dikategorial yang membuat tidak ada orang yang bertugas khusus untuk mengurusi Sekolah Minggu sehingga ada beberapa kekurangan yang menjadi kendala untuk memaksimalkan pelayanan seperti: kurikulum Sekolah Minggu yang sesuai konteks Gereja Toraja Mamasa belum tersedia, dan guru Sekolah Minggu yang perlu untuk diperlengkapi.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 06 Dec 2024 17:55 |
Last Modified: | 06 Dec 2024 17:55 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3512 |
Actions (login required)
View Item |