Suatu Studi Peranan Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAK di SMA Negeri 1 Sanggalangi Kabupaten Tana Toraja

Rantelangan, Sapira (2006) Suatu Studi Peranan Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAK di SMA Negeri 1 Sanggalangi Kabupaten Tana Toraja. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
sapira_hd.doc

Download (101kB)
[img] Text
sapira_kp.doc

Download (25kB)
[img] Text
sapira_bab_1.doc

Download (29kB)
[img] Text
sapira_bab_2.doc

Download (193kB)
[img] Text
sapira_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (83kB) | Request a copy
[img] Text
sapira_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text
sapira_bab_5.doc

Download (12kB)
[img] Text
sapira_dp.doc

Download (16kB)
[img] Text
sapira_lp.doc

Download (1MB)
[img] Text
sapira_cv.doc

Download (8kB)

Abstract

Sapira Rantelangan. 2006. Peranana Guru dalam meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada mala Pelajaran PAK di SMA Negeri 1 Sanggalangi Kabupaten Tana Toraja. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Krislen Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri Toraja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAK di SMA Negeri I Sanggalangi. dan (2) peranan guru dalam pelaksanaan Pendidikan Agama Kristen terhadap peningkatan prestasi belajar siswa dalam mata Pelajaran PAK pada SMA Negeri 1 Sanggalangi Kabupaten Tana Toraja. Penelitian ini merupakan penelitian ex posi faclo (random sampling) Populasi penelitian adalah SMA Negeri 1 Sanggalangi yang ada di kelas IH tahun pelajaran 2005/2006. Sampel penelitian sebesar 40 orang yang diambil secara acak sederhana. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi. angket dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan infersensial. Analisis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan karakteristik variabel yang disajikan dalam label frekuensi presentase. Sedangkan analisis inferensi al menggunakan 'koefisien product momenl untuk pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan ; (1) Tingkat prestasi belajar siswa tergolong di atas rata-rata (7,45), dan. (2) terdapat hubungan posilip dansignifikani antara peranan guru terhadap peningkatan proses belajar siswa pada mata pelajaran PAK di SMU Negeri 1 Sanggalangi dengan nilai koefisian korelasi (r = 0,874) dan nilai keberartian kolerasi (t = 11.087) yang berarti hubungan antar variabel signifikani.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 02 Dec 2024 17:55
Last Modified: 02 Dec 2024 17:55
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3421

Actions (login required)

View Item View Item