Peranan Guru PAK dengan Pestasi Belajar: suatu Studi Teologis tentang Peranan Guru PAK dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SDN 37 Lome, Lembang Tampan Bonga, Kecamatan Bangkelekila’, Kabupaten Toraja Utara

Silambi', Jumra Musa (2011) Peranan Guru PAK dengan Pestasi Belajar: suatu Studi Teologis tentang Peranan Guru PAK dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SDN 37 Lome, Lembang Tampan Bonga, Kecamatan Bangkelekila’, Kabupaten Toraja Utara. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
jumra_hd.doc

Download (151kB)
[img] Text
jumra_kp.doc

Download (71kB)
[img] Text
jumra_bab_1.doc

Download (64kB)
[img] Text
jumra_bab_2.doc

Download (451kB)
[img] Text
jumra_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text
jumra_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
jumra_bab_5.doc

Download (21kB)
[img] Text
jumra_dp.doc

Download (35kB)
[img] Text
jumra_cv.doc

Download (53kB)

Abstract

JUMRA MUSA SILAMBI’, 20052013 Peranan Guru PAK Dengan Prestasi Belajar Suatu Study Teologis Tentang Peranan Guru PAK Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SDN 37 Lome Kecamatan Bangkelekila’ Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Kristen (PAK), Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri Toraja Skripsi ini dirampungkan dengan upaya untuk mengetahui bagimana peranan guru PAK dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SDN 37 Lome, Lembang Tampan Bonga, Kecamatan Bangkelekila’. Data yang dikumpulkan sebagai hasil penelitian lapangan dikaji dan dianalisis dengan menggunakan suatu teknik analisis statistik, yaitu data dikelola dengan menggunakan tabel tabulasi dan tabel silang yang kemudian dianalisis dengan tujuan memperoleh suatu informasi untuk menjawab hipotesis yang telah diajukan dalam penulisan ini. Data dan informasi yang penulis butuhkan dalam penulisan ini diperoleh dengan menggunakan teknik angket(kuessioner), wawancara yang tidak berstruktur(interview), dan observasi (observation). Data tersebut diolah dengan menggunakan metode pendekatan deskriptif yaitu data yang diperoleh di. lapangan dipaparkan apa adanya berdasarkan kenyataan yang terjadi di lapangan. Dari hasil penelitian terhadap 53 orang siswa di SDN 37 Lome Kecamatan Bangkelekila’, penulis menemukan bukti bahwa peranan guru PAK di SDN 37 Lome telah terlaksana dengan baik dimana siswa yang memperoleh nilai yang tinggi termasuk dalam kategori tinggi sedangkan siswa yang mamperoleh prestasi rendah tidak ada yang masuk dalam dalam kategori rendah. Dari penelitian ini penulis dapat menyimpulkan bahwa semakin tinggi peranan guru PAK dalam mengembangkan wawasan para nara didik, maka semakin tinggi pula prestasi belajar yang diraih siswa, tetapi semakin rendah peranan siswa dalam meningkatkan wawasan siswa maka semakin rendah pula prestasi belajar yang diraih siswa. Oleh karena itu, penulis menyarankan supaya setiap guru PAK semakin meningkatkan peranan mereka dalam mengembangkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 30 Nov 2024 18:28
Last Modified: 30 Nov 2024 18:28
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3405

Actions (login required)

View Item View Item