Pelaksanaan Pendidikan Agama Kristen: suatu Tinjauan Teologis Praktis tentang Faktor-faktor yang Memengaruhi Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Pelaksanaan PAK tingkat Sekolah Dasar di Kecamatan Walenrang Kabupaten Luwu

Renis, Renis (2010) Pelaksanaan Pendidikan Agama Kristen: suatu Tinjauan Teologis Praktis tentang Faktor-faktor yang Memengaruhi Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Pelaksanaan PAK tingkat Sekolah Dasar di Kecamatan Walenrang Kabupaten Luwu. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
renis_hd.doc

Download (138kB)
[img] Text
renis_kp.doc

Download (121kB)
[img] Text
renis_bab_1.doc

Download (62kB)
[img] Text
renis_bab_2.doc

Download (359kB)
[img] Text
renis_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (631kB) | Request a copy
[img] Text
renis_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text
renis_bab_5.doc

Download (13kB)
[img] Text
renis_dp.doc

Download (29kB)
[img] Text
renis_cv.doc

Download (7kB)

Abstract

Renis, 2010, “Pelaksanaan Pendidikan Agama Kristen” Suatu Tinjauan Teologis Praktis tentang Faktor-faktor yang Memengaruhi Guru Pendidikan Agama Kristen dalam pelaksanaan Pendidikan Agama Kristen tingkat Sekolah Dasar di Kecamatan Walenrang Kabupaten Luwu Pendidikan agama Kristen adalah pendidikan yang berdasarkan iman Kristen (Alkitab) untuk mengasihi Allah dan sesama manusia beserta alam dan segala isinya. Pendidikan agama Kristen dilihat dalam empat modus yaitu: Tuhan, alam semesta, manusia, dan norma-norma Kristen. Tujuan PAK yakni mengajak, membantu, menghantar seseorang untuk mengenal kasih Allah yang nyata dalam Yesus Kristus sehingga dengan pimpinan Roh Kudus datang ke dalam suatu persekutuan hidup dengan Tuhan. Penerapan standar kompetensi dan kompetensi dasar di bidang Pendidikan Agama Kristen sangat tepat dalam rangka mewujudkan model PAK yang bertujuan mencapai transformasi nilai-nilai Kristiani dalam kehidupan peserta didik pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Standar kompetensi dan kompetensi dasar memberikan ruang yang sama kepada setiap peserta didik dengan keunikan yang berbeda untuk mengembangkan pemahaman iman Kristian sesuai dengan pemahaman, tingkat pengetahuan serta daya kreatifitas masing-masing. Dalam melaksanakan Pendidikan Agama Kristen di sekolah, guru PAK di tingkat sekolah dasar membutuhkan tiga unsur utama yang sangat memengaruhi terlaksananya Pendidikan Agama Kristen di sekolah. Tiga unsur yang dimaksudkan yaitu metode pembelajaran, sarana dan prasarana di sekolah, serta silabus dan rencana program pembelajaran. Penelitian terhadap guru Pendidikan Agama Kristen tingkat sekolah dasar di lingkungan kecamatan Walenrang kabupaten Luwu menunjukkan bahwa metode pembelajaran, sarana dan prasarana sekolah serta silabus dan rencana program pembelajaran memiliki kaitan atau korelasi yang signifikan dengan faktor yang memengaruhi pelaksanaan Pendidikan Agama Kristen di sekolah. Dan ketiga unsur yang dibutuhkan guru PAK di sekolah secara keseluruhan (simultan) memiliki pengaruh yang kuat terhadap pelaksanaan Pendidikan Agama Kristen di sekolah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran, sarana dan prasarana di sekolah serta silabus dan rencana program pembelajaran memiliki pengaruh positif terhadap pelaksanaan PAK di sekolah. Semakin baik ketiga unsur yang dibutuhkan guru PAK di sekolah maka semakin baik pula pelaksanaan Pendidikan Agama Kristen di sekolah. Kata kuncinya: Mendorong sekolah mengupayakan ketiga unsur utama yang dibutuhkan guru Pendidikan Agama Kristen.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 29 Nov 2024 19:00
Last Modified: 29 Nov 2024 19:00
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3390

Actions (login required)

View Item View Item