Sudahkah Aku Menjadi Teladan?: suatu Tinjauan Teologis-Praktis Mengenai Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Masyarakat

Lapunga, Yustin Tresnawati (2006) Sudahkah Aku Menjadi Teladan?: suatu Tinjauan Teologis-Praktis Mengenai Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Masyarakat. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
yustin_hd.doc

Download (154kB)
[img] Text
yustin_kp.doc

Download (43kB)
[img] Text
yustin_bab_1.doc

Download (55kB)
[img] Text
yustin_bab_2.doc

Download (209kB)
[img] Text
yustin_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (147kB) | Request a copy
[img] Text
yustin_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text
yustin_bab_5.doc

Download (8kB)
[img] Text
yustin_dp.doc

Download (25kB)
[img] Text
yustin_cv.doc

Download (4kB)

Abstract

Skripsi ini diberi judul “Sudahkah Aku Menjadi Teladan?” Suatu Tinjauan Teologis-Praktis Mengenai Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Masyarakat. Judul skripsi diberikan dalam bentuk pertanyaan dimaksudkan agar dalam setiap diri seorang guru, khususnya guru Pendidikan Agama Kristen selalu menggumuli dan menghayati panggilan pelayanannya selaku teladan yang menjadi garam dan terang di mana pun berada, baik itu sikap dan perilaku, karena guru adalah “suri teladan” di masyarakat baik di sekolah maupun di keluarga atau dalam gereja. Bab II dan Bab III diuraikan mengenai guru dan Pendidikan Agama Kristen serta peranan tokoh-tokoh Alkitab sebagai guru. Dengan mengetahui arti dan tujuan Pendidikan Agama Kristen, guru dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan baik. Dalam Bab IV diuraikan mengenai keteladanan guru baik di dalam keluarga maupun dalam gereja. Guru selaku pendidik harus menyatakannya juga dalam keluarga. Mendidik anak-anak dalam pertumbuhan dan perkembangan hidupnya dengan memberi teladan hidupnya sendiri, khususnya dalam pembentukan rohani. Demikian pun dalam pelayanan gerejawi yang dipegang, harus menyatakan diri sebagai garam dan terang yang dapat dilihat dan dipedomani oleh masyarakat khususnya warga jemaat. Keteladanan seorang guru dilihat oleh masyarakat pertama-tama bagaimana ia membina hubungan yang harmonis dalam keluarganya— gereja ataupun dalam pergaulan yang lebih luas dalam masyarakat. Oleh karena itu, pentingnya seorang guru menyatakan teladan hidupnya bagi pasangan hidup dan anak-anaknya dalam keluarga yang berbahagia serta sikap hidup dalam pelayanan gerejawi sehingga pengakuan masyarakat akan profil guru tidak hanya dinilai dari lingkungan sekolah saja tetapi juga di dalam keluarga dan gereja.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 29 Nov 2024 10:17
Last Modified: 29 Nov 2024 10:17
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3381

Actions (login required)

View Item View Item