Pengaruh Keteladan Guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) terhadap Pertumbuhan Iman Anak Kelas V dan Kelas VI di SD Negeri No. 5 Buntu Pepasan Kecamatan Buntu Pepasan Kabupaten Toraja Utara

Sampe, Risaldi (2013) Pengaruh Keteladan Guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) terhadap Pertumbuhan Iman Anak Kelas V dan Kelas VI di SD Negeri No. 5 Buntu Pepasan Kecamatan Buntu Pepasan Kabupaten Toraja Utara. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
risaldi_hd.doc

Download (131kB)
[img] Text
risaldi_kp.doc

Download (80kB)
[img] Text
risaldi_bab_1.doc

Download (113kB)
[img] Text
risaldi_bab_2.doc

Download (304kB)
[img] Text
risaldi_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text
risaldi_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (775kB) | Request a copy
[img] Text
risaldi_bab_5.doc

Download (61kB)
[img] Text
risaldi_lp.doc

Download (2MB)
[img] Text
risaldi_cv.doc

Download (41kB)

Abstract

RISALDI SAMPE (20082827), 2013, menyusun skripsi dengan judul “Pengaruh Keteladanan Guru PAK Terhadap Pertumbuhan Iman Anak Kelas V dan VIdi SDN5 Buntu Pepasan Kecamatan Buntu Pepasan Kabupaten Toraja Utara”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keteladanan guru Pendidikan Agama Kristen terhadap pertumbuhan iman anak kelas V dan kelas VI di SDN 5 Buntu Pepasan.Metode yang digunakan oleh penulis adalah metode penelitian noneksperimen pada pendekatan kuantitatif yaitu penelitian Asosiatif (korelasi) hubungan kausal (sebab akibat). Penelitian ini merupakan sebuah penulisan lapangan yang bersifat deskriptif yaitu menyajikan data sesuai dengan fakta atau kenyataan yang ada dilapangan dengan suatu analisis individual menggunakan metode korelatif. Populasi penelitian adalah siswa SDN 5 Buntu Pepasan yang berjumlah 65 orang, dengan demikian karena populasi sedikit peneliti menggunakan total sampling sehingga sampelnya 65 orang. Untuk mengetahui hasil penelitian maka digunakan teknik observasi dan angket, sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah distribusi frekuensi melalui tabel silang sederhana. Bunyi hipotesis penelitian ini adalah ada pengaruh antara keteladanan guru Pendidikan Agama Kristen terhadap pertumbuhan iman anak di SDN 5 Buntu Pepasan. Sedangkan hasil penelitian menjelaskan bahwa ada pengaruh positif antara keteladanan guru terhadap pertumbuhan iman anak yang terlihat pada analisis korelasi pearson di mana . 1,0006308 = 1,000 (sangat kuat). Hasil penelitian menyimpulkan: (1) ada pengaruh yang positif antara keteladanan guru PAK terhadap pertumbuhan iman anak di SDN 5 Buntu Pepasan yang dibuktikan melalui hasil analisis korelasi pearson dengan hasil 1,0006308=1,000 (dikategorikan ada hubungan yang sangat kuat), (2) pengaruh keteiadan guru PAK terhadap pertumbuhan iman anak dilatarbelakangi oleh iman guru PAK yang sesuai dengan perbuatannya di hadapan siswa, guru PAK senantiasa jujur dalam kegiatan belajar mengajar di kelas, guru PAK tidak pernah bertindak asusila, tingkah laku guru PAK sesuai dengan apa yang telah diajarkannya pada siswa, dan guru PAK senantiasa rapi dalam berpakaian, dan (3) tercapainya pertumbuhan iman anak di SDN 5 Buntu Pepasan terlihat pada beberapa aspek seperti: siswa senantiasa rajin melaksanakan ibadah; siswa senantiasa rajin mengikuti kegiatan keagamaan, siswa selalu berbuat jujur dalam kata dan perbuatan, siswa selalu tertib mengikuti pelajaran di kelas, siswa rajin, mampu menjaga kebersihan, dan ketertiban.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 29 Nov 2024 05:20
Last Modified: 29 Nov 2024 05:20
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3369

Actions (login required)

View Item View Item