Pendidikan Kontekstual: Studi Teologis tentang Pola Hidup Masyarakat Aluk Todolo dan Implikasinya bagi Transformasi Misi Pendidikan Kristen di Kecamatan Sumarorong Kabupaten Mamasa

Irsak, Irsak (2011) Pendidikan Kontekstual: Studi Teologis tentang Pola Hidup Masyarakat Aluk Todolo dan Implikasinya bagi Transformasi Misi Pendidikan Kristen di Kecamatan Sumarorong Kabupaten Mamasa. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
irsak_hd.doc

Download (173kB)
[img] Text
irsak_bab_1.doc

Download (69kB)
[img] Text
irsak_bab_2.doc

Download (392kB)
[img] Text
irsak_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (87kB) | Request a copy
[img] Text
irsak_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text
irsak_bab_5.doc

Download (18kB)
[img] Text
irsak_dp.doc

Download (28kB)
[img] Text
irsak_lp.doc

Download (12kB)
[img] Text
irsak_cv.doc

Download (63kB)

Abstract

Keselamatan datang dari negeri yang jauh dalam wadah kekristenan. Perjalanan panjang mengelilingi samudera dan bumi memberikan warna yang tersendiri bagi kekristenan. Tak dapat disangkal rintangan dan tantangan datang dari berbagai pihak, terutama dari kepercayaan-kepercayaan yang telah ada dalam sebuah daerah yang membuat kekristenan atau misi dan keselamatan dari injil tidak terterima baik oleh masyarakat. Telah sekian lama Injil menyebar dan datang di bumi tercinta Sumarorong Kabupaten Mamasa, namun signifikansinya belum nyata. Karena itu apa yang harus dilakukan agar tujuan dari Injil sampai keseluruh bumi bisa tercapai. Pendidikan adalah satu wadah yang tepat untuk menanamkan Injil jika ditanam dan ditabur dengan benar. Penaburan dan penanaman yang benar adalah jika kita menghargai budaya setiap daerah. Salah satu dari budaya adalah Aluk, dimana Aluk merupakan salah satu budaya yang bisa dijadikan sebagai wadah atau sarana dalam hal mentransformasikan Injil. Inilah jalan yang ditawarkan untuk sampai kepada perubahan dan penerimaan injil itu dengan baik di manapun Injil itu diberitakan. Pendidikan kontekstual ini harus dipacu dan terus dibangun demi kesejahteraan manusia, oleh karena itu untuk membangun sebuah pendidikan yang kontekstual diperlukan kreatifitas untuk mengelolah setiap budaya yang ada dan disesuaikan dengan Firman Tuhan.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 20 Nov 2024 13:39
Last Modified: 20 Nov 2024 13:39
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3252

Actions (login required)

View Item View Item