Pembelajaran Musik Melalui Metode Kodaly dalam Pengenalan Nada dan Ritme Bagi Anak Sekolah Minggu Usia 10-12 Tahun di Gereja Toraja Jemaat Lea

Tayo, Chrisna (2022) Pembelajaran Musik Melalui Metode Kodaly dalam Pengenalan Nada dan Ritme Bagi Anak Sekolah Minggu Usia 10-12 Tahun di Gereja Toraja Jemaat Lea. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.

[img] Text
skrisna_skpp.doc

Download (61kB)
[img] Text
skrisna_hd.doc

Download (167kB)
[img] Text
skrisna_kp.doc

Download (81kB)
[img] Text
skrisna_bab_1.doc

Download (121kB)
[img] Text
skrisna_bab_2.doc

Download (306kB)
[img] Text
skrisna_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text
skrisna_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (876kB) | Request a copy
[img] Text
skrisna_bab_5.doc

Download (18kB)
[img] Text
skrisna_dp.doc

Download (31kB)
[img] Text
skrisna_cv.doc

Download (29kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kepekaan nada pada anak Sekolah Minggu Jemaat Lea karena belum adanya metode yang relatif efektif dalam hal mengenal nada dan ritme. Tujuan penelitian ini adalah anak dapat mengerti perbedaan tinggi rendahnya bunyi nada dan ketukan melalui metode Kodaly. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Anak-anak diberikan tes untuk membunyikan nada dengan gerakan tangan dan dan suku kata berirama. Selanjutnya, hasil tes tersebut diobservasi dan didokumentasikan. Usia anak Sekolah Minggu adalah 10-12 tahun dan berjumlah 7 orang, terdiri dari 5 anak perempuan dan 2 anak laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua anak memiliki peningkatan penguasaan dalam mengenal nada dan ritme untuk membedakan tinggi rendahnya nada dan ritme serta mampu membaca notasi. Kata kunci: Metode Kodaly, Nada, Ritme, Sekolah Minggu. ABSTRACT This research is motivated by the lack of tone sensitivity in Lea Congregation Sunday School children because there is no relatively effective method in terms of recognizing tone and rhythm. The purpose of this study is that children can understand the difference between high and low sounds of notes and beats through the Koddly method. The type of research used is descriptive qualitative research. Children are given a test for sounding notes with hand sign and rhythm syllables. Furthermore, the test results are observed and documented. Sunday school children are 10-12 years old and total 7 people, consisting of 5 girls and 2 boys. The results showed that all children had increased mastery in recognizing tones and rhythms to distinguish high and low notes and rhythms and were able to read notation. Keywords: Koddly Method, Tone, Rhythm, Sunday School.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 25 Oct 2024 06:20
Last Modified: 25 Oct 2024 06:20
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/2868

Actions (login required)

View Item View Item