Pendidikan Agama Kristen dalam Masyarakat Majemuk: Tinjauan terhadap Isi dan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Sekolah Menengah Atas (SMA Negeri 1 dan 2 Sukamaju) di Kecamatan Sukamaju Kabupaten Luwu Utara

Rante, Meldyono (2013) Pendidikan Agama Kristen dalam Masyarakat Majemuk: Tinjauan terhadap Isi dan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Sekolah Menengah Atas (SMA Negeri 1 dan 2 Sukamaju) di Kecamatan Sukamaju Kabupaten Luwu Utara. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.

[img] Text
meldyono_hd.doc

Download (145kB)
[img] Text
meldyono_kp.doc

Download (85kB)
[img] Text
meldyono_bab_1.doc

Download (51kB)
[img] Text
meldyono_bab_2.doc

Download (274kB)
[img] Text
meldyono_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text
meldyono_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text
meldyono_bab_5.doc

Download (25kB)
[img] Text
meldyono_dp.doc

Download (25kB)
[img] Text
meldyono_cv.doc

Download (42kB)

Abstract

ABSTRAK MELDYONO RANTE (20082816), 2013, menyusun skripsi dengan judul “PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MASYARAKAT MAJEMUK, Tinjauan terhadap Isi dan Metode pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Sekolah Menengah Atas (SMA Negeri 1 dan 2 Sukamaju) di Kecamatan Sukamaju Kabupaten Luwu Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah isi dan metode pembelajaran PAK yang diterapkan guru PAK di SMA yang ada dalam di kecamatan Sukamaju kabupaten Luwu Utara telah dilaksanakan sesuai dengan pembelajaran PAK dalam konteks masyarakat majemuk. Memahami kemajemukan sebagai anugerah yang diberikan Tuhan menjadikan individu lebih dewasa baik dalam iman juga sebagai orang yang bertanggung jawab dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Orang Kristen sebagai bagian dari NKRI wajib menjaga keutuhan negera, disamping itu dari sisi keimanan harus senantiasa menampilkan sikap-sikap yang menunjukkan ciri sebagai pengikut Kristus. Guru dalam hal ini guru agama Kristen berperan penting dalam memberikan pengajaran kepada siswa, berkaitan dengan materi yang diajarkan ,metode pembelajaran yang dipakai memiliki peran besar untuk membuat siswa lebih memahami materi yang diajarkan serta berkaitan langsung dengan kehidupan nyata peserta didik. Hasil penelitian menyimpulkan: (1) Penggunaan metode yang dipakai dalam pembelajaran sudah relevan meski masih minim tetapi sudah cukup mendukung siswa untuk bisa berinteraksi dengan orang lain serta tidak membuat diri siswa menutup diri terhadap kemajemukan. (2) Isi/materi pembelajaran yang diberikan bagi siswa sudah relevan dengan keadaan siswa yang majemuk, yang selalu memotivasi siswa untuk tetap menunjukkan identitas siswa sebagai orang Kristen dan hal itu bukan kendala bagi siswa untuk terus berprestasi. Dan bisa menjadi garam dan terang dunia, Mat.5:13-16.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 24 Oct 2024 05:42
Last Modified: 24 Oct 2024 05:42
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/2855

Actions (login required)

View Item View Item