Tiranda, Melki (2021) Analisis Prinsip Penggembalaan Berdasarkan Yohanes 21:15-19 dan Relevansinya bagi Guru Sekolah Minggu Gereja Kemah Injil Indonesia (GKII) Jemaat Tondon Makale. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
melki_skpp.doc Download (55kB) |
|
Text
melki_hd.doc Download (169kB) |
|
Text
melki_kp.doc Download (84kB) |
|
Text
melki_bab_1.doc Download (82kB) |
|
Text
melki_bab_2.doc Download (319kB) |
|
Text
melki_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (57kB) | Request a copy |
|
Text
melki_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (104kB) | Request a copy |
|
Text
melki_bab_5.doc Download (18kB) |
|
Text
melki_dp.doc Download (30kB) |
|
Text
melki_lp.doc Download (435kB) |
|
Text
melki_cv.doc Download (47kB) |
Abstract
Melki Tiranda, Nirm: 1020175345 menulis skripsi dengan judul“Analisis Prinsip Penggembalaan Berdasarkan Yohanes 21: 15-19 dan Relevansinya Bagi Guru Sekolah Minggu Gereja Kemah Injil Indonesia (GKII) Jemaat Tondon Makale”di bawah bimbingan Dr. Calvin.S Rupa pembimbing I, Dr.Maidiantius Tanyid, M.Th pembimbing II. Penelitian ini dilakukan dengan adanya latar belakang bahwa pelayanan pengembalaan guru sekolah minggi GKII Jemaat Tondon Makale belum ada, sehingga penulis menganalisis prinsip pengembalan dalam injil Yohanes 21:15-19 dan merelevansikanya bagi guru sekolah minggu. Tujuan akhir dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prinsip-prinsip penggembalaan yang termuat dalam Injil Yohanes 21:15-19 kemudian relevansinya bagi guru sekolah minggu GKII Jemat Tondon Makale. Pentingnya penggembalaan itu bagi anak-anak sejak dini tidak hanya diperkenalkan dengan injil tetapi tujuan dari penggembalaan adalah memimpin, menuntun, mengajar anak agar bisa mengakui keberadaan Tuhan dan tetap beriman kepada Tuhan. Untuk menjadi seorang gembala harus dari hati yang terpanggil melayani Tuhan tanpa harus ada reward karena melayani bukan untuk mendapatkan sesuatu tetapi melayani sebagai dedikasi atas karya salib Tuhan. dengan demkian seorang gembala harus memahmi penggembalaan, prinsip pengembalaan, tugas serta peran seorang gembala. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif yang menyangkut pengamatan, studi pustaka dan meawancariai responden yaitu pendeta, tokoh-tokoh gereja, guru sekolah minggu dan anak sekolah minggu agar peneliti dapat menggali informasi yang akurat. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip penggembalaan belum sepenuhnya diterapkan guru sekolah minggu GKII Jemaa Tondon Makale. Peggembalaan hanya pada lingkup pelayanan secara umum, bercerita Firman Tuhan, bernyanyi dan berdoa tetapi kemampuan menjadi seorang gembala untuk meningkatkan kehidupan spiritual anak-anak belum ada berdasarkan hasil observasi dan pengamatan awal. Kata Kunci: PrinsipPenggembalaan, Yohanes 21:15-19, Guru Sekolah Minggu
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 08:03 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 08:03 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/2623 |
Actions (login required)
View Item |