Tinting, Thirtza Velicia (2021) Analisis Metode Pengajaran Solfeggio untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Bernyanyi di Program Studi Musik Gerejawi IAKN Toraja. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.
Text
thitrza_skpp.doc Download (62kB) |
|
Text
thitrza_hd.doc Download (122kB) |
|
Text
thitrza_kp.doc Download (68kB) |
|
Text
thitrza_bab_1.doc Download (74kB) |
|
Text
thitrza_bab_2.doc Download (304kB) |
|
Text
thitrza_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (116kB) | Request a copy |
|
Text
thitrza_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (174kB) | Request a copy |
|
Text
thitrza_bab_5.doc Download (19kB) |
|
Text
thitrza_dp.doc Download (19kB) |
|
Text
thitrza_lp.doc Download (154kB) |
|
Text
thitrza_lp2.doc Download (744kB) |
|
Text
thitrza_cv.doc Download (22kB) |
Abstract
ABSTRAK Thirtza Velicia Tinting: 2120175584, Analisis Metode Pengajaran Solfeggio untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Bernyanyi di Program Studi Musik Gerejawi IAKN Toraja. Tulisan ini berjudul “Analisis Metode Pengajaran Solfeggio untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Bernyanyi di Program Studi Musik Gerejawi IAKN Toraja”. Penulis membahas topik ini karena melihat masih banyak mahasiswa belum mampu membaca dan bernyanyi dengan benar menggunakan notasi, sehingga mata kuliah Solfeggio sebagai mata kuliah dasar musik diberikan untuk membantu, tentang cara dan teknik yang benar dalam membaca dan menyanyikan sebuah lagu menggunakan partitur, sehingga tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisa tentang metode yang tepat dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam bernyanyi. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu, kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui teknik pengumpulan data, observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian data dianalisis dengan menggunakan teknik reduksi, display, dan interpretasi data. Hasil penelitian menjelaskan bahwa, kemampuan mahasiswa dalam bernyanyi dapat ditingkatkan melalui metode kodaly atau metode membaca notasi dengan menggunakan pergerakan tangan, metode sight reading atau kemampuan membaca partitur tanpa latihan terlebih dahulu, metode sight singing atau kemampuan menyanyikan atau membunyikan suatu lagu tanpa latihan membaca notasi terlebih dahulu, metode listening atau metode dengan mendengarkan notasi, dinamika, tempo maupun akord, metode yang dikreativitaskan oleh dosen dalam mempraktekkan teori musik dan metode menggunakan aplikasi seperti my ear training dan perfect ear yaitu latihan pendengaran. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa, metode kodaly. sight reading. sight singing. listening. metode yang dikreativitaskan oleh dosen, my ear training dan perfect ear sangat membantu mahasiswa dalam belajar membaca dan bernyanyi baik menggunakan notasi angka maupun notasi balok. Kata kunci: Solfeggio. metode pengajaran, peran dan fungsi.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 28 Sep 2024 18:25 |
Last Modified: | 28 Sep 2024 18:25 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/2542 |
Actions (login required)
View Item |