Akin, Bertin (2014) Studi Pedagogis tentang Kehadiran Media Telekomunikasi bagi Perkembangan Psikologi Anak Kelas V Di SDN 191 Salukuse Kecamatan Rano, Kabupaten Tana Toraja. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
bertin_hd.docx Download (85kB) |
|
Text
bertin_bab_1.docx Download (14kB) |
|
Text
bertin_bab_2.docx Download (55kB) |
|
Text
bertin_bab_3.docx Restricted to Repository staff only Download (180kB) | Request a copy |
|
Text
bertin_bab_4.docx Restricted to Repository staff only Download (109kB) | Request a copy |
|
Text
bertin_bab_5.docx Download (9kB) |
|
Text
bertin_dp.docx Download (52kB) |
|
Text
bertin_lp.docx Download (45kB) |
|
Text
bertin_cv.docx Download (13kB) |
Abstract
BERTIN AKIN. Nirm: 2009295, tahun 2014 menyusun skripsi dengan judul: “Studi Pedagogis Tentang Kehadiran Media Telekomunikasi Dalam Mengembangkan Perkembangan Psikologis Anak Kelas V di SDN 191 Salukuse Kecamatan Rano Kabupaten Tana Toraja”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh media telekomunikasi terhadap perkembangan psikologi anak kelas V di SDN 191 Salukuse. Pola kehidupam manusia telah dipengaruhi oleh kehadiran media telekomunikasi yang semakin pesat dan tidak terjangkau. Tidak memandang siapapun yang menggunakannya baik orang dewasa maupun bagi anak-anak, secara khusus bagi anak-anak yang tidak ketinggalan dengan dengan media. Dampak dengan kurangnya perhatian dari orang dewasa sehingga anak merasa bebas untuk menggunakan media, misalnya menonton film yang beraksi kekerasan tanpa batas sehingga apa yang mereka lihat dan saksikan itu cenderung mereka ingin tiru dan melakukannya. Dalam merampung penulisan ini, metode yang digunakan oleh panulis adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan observasi dan wawancara dengan teknis analisis melalui reduksi data, interpretasi data. Jumlah informan yang diteliti adalah lima orang tua sisw, satu guru PAK, dan lima peserta didik. Setiap informan penulis wawancarai dan dari hasil wawancara tersebut yang kemudian membantu penulisuntuk menganalisis. Dari hasil penelitian membuktikan bahwa kehadiran media telekomunikasi telah membwa dampak yang kurang baik bagi perkembangan psikologi anak, karena bagi anak apa yang mereka lihat itu juga yang cenderung ingin di lakukannya tanpa mengetahui apa dampaknya dan juga perhatian dari orang dewasa terutama pihak orang tua belum sepenuhnya nampak bagi anak, mereka belum menyadari sepenuhnya pentingnya pendampingan bagi anak saat sedang menonton, mengingat kondisi anak yang belum mampu membedakan tentang yang riil dan dengan yang abstrak, sehingga di akhir skripsi ini penulis menyimpulkan bahwa kerja sama dengan guru dan orang tua sangatlah penting dalam mendidik anak untuk berperilaku yang baik.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | mahasiswa mahasiswa |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 21:07 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 11:04 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/234 |
Actions (login required)
View Item |