Penerapan Model Course Review Horay dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAK Kelas VII SMPN 2 Gandangbatu Sillanan

Tamman, Rianti Limbong (2023) Penerapan Model Course Review Horay dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAK Kelas VII SMPN 2 Gandangbatu Sillanan. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
rianti_similarity.pdf

Download (188kB)
[img] Text
rianti_kata_pengantar_bab_1.pdf

Download (644kB)
[img] Text
rianti_bab_2.pdf

Download (669kB)
[img] Text
rianti_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (746kB) | Request a copy
[img] Text
rianti_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (757kB) | Request a copy
[img] Text
rianti_bab_5.pdf

Download (477kB)
[img] Text
rianti_daftar_pustaka.pdf

Download (386kB)

Abstract

Course review horay merupakan tipe dari pembelajaran kooperatif (kelompok), course review horay merupakan model pembelajaran yang dirancang untuk mengevaluasi kembali materi yang telah dipelajari, dimana disertai dengan kata hore atau teriakan yel-yel yang bertujuan sebagai penyemangat atau sebagai tanda tim yang benar.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk Menerapkan Model Course Review Horay Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAK Kelas VII SMPN 2 Gandangbatu Sillanan. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diaplikasikan menggunakan model Kemmis dan McTanggart (1988), yang meliputi rencana, tindakan, pengamatan, refleksi, dan perencanaan kembali untuk memecahkan permasalahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, test, dan dokumentasi dan Teknik analisis data yang digunakan yaitu memilih data (reduksi data), Penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari keaktifan belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 yang mencapai 40% dengan kategori kurang, pada pertemuan 2 berjumlah 63% dengan kategori cukup, sehingga skor peningkatakan dari siklus 1 (P1 dan P2) yaitu 23% dan pada siklus II berjumlah 77% pada kategori baik. Sehingga skor penigkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 37%. Adapun kendala yang dihadapi yaitu siswa kurang akrab dengan model pembelajaran yang diterapkan, siswa masih kurang dalam bertanya kepada guru dan siswa lainnya, siswa masih kurang dalam menjawab pertanyaan, kurang serius dalam kerja kelompok dan lebih mengandalkan teman kelompoknya dan cara untuk memperoleh jawaban dari pertanyaan yang diberikan masih kurang efektif karena siswa sering berebutan untuk menjawab. Kata Kunci: Model Pembelajaran Course Review Horay, Keaktifan Belajar Course review horay merupakan tipe dari pembelajaran kooperatif (kelompok), course review horay merupakan model pembelajaran yang dirancang untuk mengevaluasi kembali materi yang telah dipelajari, dimana disertai dengan kata hore atau teriakan yel-yel yang bertujuan sebagai penyemangat atau sebagai tanda tim yang benar.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk Menerapkan Model Course Review Horay Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAK Kelas VII SMPN 2 Gandangbatu Sillanan. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diaplikasikan menggunakan model Kemmis dan McTanggart (1988), yang meliputi rencana, tindakan, pengamatan, refleksi, dan perencanaan kembali untuk memecahkan permasalahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, test, dan dokumentasi dan Teknik analisis data yang digunakan yaitu memilih data (reduksi data), Penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari keaktifan belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 yang mencapai 40% dengan kategori kurang, pada pertemuan 2 berjumlah 63% dengan kategori cukup, sehingga skor peningkatakan dari siklus 1 (P1 dan P2) yaitu 23% dan pada siklus II berjumlah 77% pada kategori baik. Sehingga skor penigkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 37%. Adapun kendala yang dihadapi yaitu siswa kurang akrab dengan model pembelajaran yang diterapkan, siswa masih kurang dalam bertanya kepada guru dan siswa lainnya, siswa masih kurang dalam menjawab pertanyaan, kurang serius dalam kerja kelompok dan lebih mengandalkan teman kelompoknya dan cara untuk memperoleh jawaban dari pertanyaan yang diberikan masih kurang efektif karena siswa sering berebutan untuk menjawab. Kata Kunci: Model Pembelajaran Course Review Horay, Keaktifan Belajar

Item Type: Thesis (Scholar)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Course Review Horay, Keaktifan Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: S.I.Pust sarmita sumule
Date Deposited: 23 Aug 2023 07:16
Last Modified: 30 Jul 2024 13:11
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/219

Actions (login required)

View Item View Item