Ponno, Anita Tiku (2011) Kajian Teologis Praktis tentang Metode Pembelajaran yang Relevan dalam Metode Pembelajaran: Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas V pada Tahun Pelajaran2010/2011 di SDN. 314 Inpres Mapia Kecamatan Kapala Pitu Kabupaten Toraja Utara. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
anita_hd.doc Download (1MB) |
|
Text
anita_kp.doc Download (69kB) |
|
Text
anita_bab_1.doc Download (118kB) |
|
Text
anita_bab_2.doc Download (850kB) |
|
Text
anita_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (112kB) | Request a copy |
|
Text
anita_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (217kB) | Request a copy |
|
Text
anita_bab_5.doc Download (53kB) |
|
Text
anita_dp.doc Download (36kB) |
|
Text
anita_lp.doc Download (107kB) |
|
Text
anita_cv.doc Download (24kB) |
Abstract
ANITA TIKU PONNO, 2011, menyusun skripsi dengan judul “Metode Pembelajaran”, dengan sub judul “Kajian Teologis Praktis tentang Metode Pembelajaran Yang Relevan Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas V Pada Tahun Pelajaran 2010/2011 di SDN. 314 Inpres Mapia Kecamatan Kapala Pitu Kabupaten Toraja Utara” Idealnya bahwa seorang guru dengan kompetensinya secara profesional tentu mengenali kemampuan dan karakter siswanya dalam belajar dan menerapkan metode yang sesuai dengan karakter dan kemampuan tersebut, agar dapat meningkatkan keaktifan mereka dalam belajar. Namun berdasarkan pengamatan awal penulis, yang terjadi di Sekolah Dasar Negeri 314 Inpres Mapia secara khusus di kelas V (lima) pada tahun pelajaran 2010/2011, metode mengajar yang sering digunakan secara bergantian pada setiap pertemuan adalah metode ceramah yang diikuti oleh metode tanya jawab dan menurut informasi metode diskusi juga digunakan namun jarang diterapkan. Penggunaan metode tersebut berakibat pada kurangnya keaktifan siswa dalam belajar dimana sebagian siswa lebih memilih untuk keluar ruangan kelas, mengganggu teman-teman yang sedang belajar, dan ribut di dalam ruangan kelas ketika proses belajar mengajar berlangsung. Dengan demikian untuk mengetahui metode mengajar yang relevan dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V di sekolah tersebut, penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif melalui observasi, wawancara dengan siswa dan guru umum kelas V, serta studi dokumenter. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa metode mengajar yang paling relevan dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa di sekolah tersebut adalah metode diskusi, namun verifikasi dari interpretasi terhadap hasil penelitian bahwa metode mengajar yang paling relevan dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa adalah metode mengajar dengan pendekatan dialogis partisipasif. Melalui pendekatan ini siswa lebih aktif dan turut berpartisipasi dalam mengikuti proses belajar mengajar dan apa yang diajarkan oleh guru melalui pendekatan tersebut bersumber dari hal-hal yang berhubungan dengan kehidupan siswa dan yang lebih mudah untuk dipahami dan dimengerti oleh siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | ap sarmita sumule |
Date Deposited: | 12 Jul 2024 19:17 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 14:07 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/1708 |
Actions (login required)
View Item |