Pendidikan Anak Usia Dini: suatu Kajian Praktis Mengenai Metode Penerapan Kurikulum PAUD Pelangi Minanga Usia 4-5 Tahun di Lembang Buntu Tangti Kecamatan Mengkendek

Linda, Linda (2014) Pendidikan Anak Usia Dini: suatu Kajian Praktis Mengenai Metode Penerapan Kurikulum PAUD Pelangi Minanga Usia 4-5 Tahun di Lembang Buntu Tangti Kecamatan Mengkendek. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
linda_hd.doc

Download (140kB)
[img] Text
linda_kp.doc

Download (28kB)
[img] Text
linda_bab_1.doc

Download (115kB)
[img] Text
linda_bab_2.doc

Download (392kB)
[img] Text
linda_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text
linda_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (805kB) | Request a copy
[img] Text
linda_bab_5.doc

Download (55kB)
[img] Text
linda_dp.doc

Download (26kB)
[img] Text
linda_lp.doc

Download (14MB)
[img] Text
linda_cv.doc

Download (29kB)

Abstract

Linda, dengan judul skripsi “Pendidikan Anak Usia Dini : Suatu Kajian Praktis Mengenai Metode Penerapan Kurikulum PAUD Pelangi Minanga Usia 4-5 tahun di Lembang Buntu Tangti, Kecamatan Mengkendek. Dengan dosen pembimbing Sanda Mongan M.Pd.K sebagai dosen pembimbing pertama dan Alfrida L. Membala, M.Pd.K sebagai dosen pembimbing kedua. Penulis tertarik mengkaji topik ini didasarkan pada keinginan untuk menjelaskan bagaimana Metode penerapan kurikulum PAUD Pelangi Minanga usia 4-5 tahun di Lembang Buntu Tangti Kecamatan Mengkendek. Menghadapi anak PAUD khusus yang berusia 4-5 tahun merupakan hal yang tidak mudah. Karena itu dibutuhkan metode yang variatif dalam mengajar agar anak bersemangat mengikuti pembelajaran dari awal hingga akhir dan metode yang digunakan dapat menjawab kebutuhan anak yang sementara berkembang. Tujuan dari penelitian ini untuk menolong dalam memilih metode bagi PAUD. Memilih metode untuk PAUD tidak dapat dipandang sebelah mata, namun butuh persiapan yang matang karena ada prinsip-prinsip yang harus diperhatikan. Aspek-aspek yang sementara berkembang dalam diri anak seperti perkembangan kognitif, bahasa, nilai-nilai agama, motorik, dan sosial-emosional harus menjadi pertimbangan agar seluruh aspek ini dapat berkembang secarah utuh dan menyeluruh. Dalam penulisan skiripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan observasi untuk memperoleh data yang valid. Dengan objek penelitian tiga orang guru pengajar di PAUD Pelangi Minanga yang menurut penulis dapat memberikan sumber data sesuai dengan masalah yang penulis kaji. Kesimpulan yang penulis peroleh adalah metode dalam menerapkan muatan kurikulum PAUD usia 4-5 tahun sangat banyak, metode harus dibangun secara kreatif agar anak tertarik mengikuti pembelajaran bahkan tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik dengan memperhatikan prinsip-prinsip pemilihan metode untuk PAUD. Guru sebagi pelaku utama dalam pembelajaran harus mampu memilih metode sesuai dengan muatan kurikulum yang akan diajarkan kepada anak.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 04 Jul 2024 18:23
Last Modified: 29 Jul 2024 10:31
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/1619

Actions (login required)

View Item View Item